Dengan Program Nyata Tingkatkan Pelayanan Ke Imigrasian

Dengan Program Nyata Tingkatkan Pelayanan Ke Imigrasian

Opini

Kantor Imigrasi Kelas I Palu mempunyai wilayah kerja yang meliputi Kabupaten Donggala, Sigi, Parigi Moutong, Poso, Tolitoli, Buol dan Kota Palu.Kantor Imigrasi Kelas I Palu yang terletak di jalan R.A. Kartini, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah kini terlihat berbeda. Setelah dilakukan renovasi, ruangan pelayanan kini mengalami perubahan. Sebelumnya, ruang pelayanan pengurusan paspor terbilang sempit. Namun setelah direnovasi, para pemohon paspor terlihat  nyaman. “Untuk menjadikan kerja yang profesional harus didukung sarana prasarana yang memadai. Kami berusaha semaksimal mungkin menyesuaikan dengan anggaran yang ada, “Kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palu, Suparman, S.H., M.H. Menurutnya untuk menghasilkan kerja yang profesional juga harus sesuai standar operasional. Karena itu pedoman kerja juga harus didasari visi dan misi. ” Visinya Masyarakat memperoleh kepastian hukum dan Misinya melindungi hak asasi manusia serta Mottonya, melayani dengan tulus dan Janji layanan diantaranya, kepastian persyaratan, kepastian biaya, kepastian waktu penyelesaian. Jelas Suparman, S.H., M.H. Suparman, yang menjabat kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palu, awal Januari 2017, mengakui jika saat ini masih banyak yang harus dilakukan untuk mendukung program pemerintah pusat khususnya Kementrian Hukum dan HAM. Namun, dia juga mengakui jika tim yang saat ini bersamanya sudah melakukan dan melaksanakan kerja yang nyata. Ini tercatat di tahun 2017 hingga memasuki 2018 beberapa kasus di Kantor Imigrasi Kelas I Palu, telah ditangani. Sebelumnya, di 2017 sebanyak 20 orang asing yang masuk di wilayah hukum Imigrasi Kelas I Palu telah dideportasi. Sementara di tahun ini, ada 6 orang TKI Nonprosedural atau ilegal dibatalkan.“TKI itu direkrut dari daerah lain dan rencananya akan mengurus paspor di Imigrasi Palu. Dari segi persyaratan tidak memenuhi. Terus tempat tujuan juga tidak jelas. Karena itu kita tidak berikan paspor dan kami tolak”, jelasnya.Kemudian langkah-langkah yang telah ditempuh pihak Imigrasi Palu, saat ini sejalan dengan program nasional. Diantaranya :

1. Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (TimPora).

Sejalan dengan program kerjasama antara Kementerian Hukum dan HAM dengan BNP2TKI. Maka imigrasi Kelas I Palu telah melaksanakan langkah penanganan TKI Nonprosedural. Baik di dalam penanganan pemberkasan untuk mendapatkan paspor, maupun tempat pemeriksaan imigrasi.Selain itu, untuk menjaga stabilitas dan kepentingan nasional dari dampak negatif perlintasan antar negara dan keberadaan serta kegiatan orang asing di wilayah Sulteng, khususnya Kota Palu, Imigrasi Palu telah membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (TimPora).“Tim Pora dibentuk di Kota Palu pada dua kecamatan. Diantaranya Mantikulore dan Tawaeli,” kata Suparman.Menurutnya, pembentukan Tim Pora ini memang merupakan amanat pada Pasal 69 undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian.“Tim Pora yang dibentuk ini, keanggotaannya melibatkan badan maupun instansi pemerintah di kecamatan, ” jelasnya. Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Kasi Wasdakim) Kelas I Palu, Sunaryo, S.H., melalui Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Pengawasan Keimigrasian Kelas I Palu, Adam Setiawan, S.H., menjelaskan, kegiatan pembentukan Tim Pora Kota Palu tingkat kecamatan yang dibuka oleh Kepala Divisi Imigrasi Sumantri Sihite, S.H., M.A.P. dihadiri Kepala Imigrasi Kelas I Palu dan peserta rapat lainya.“Peserta rapat berjumlah 19 orang diantaranya, Camat Mantikulore, Camat Tawaeli, Koramil 1306-16, Koramil 1306-07, Kapolsek Palu Utara, Kapolsek Palu Timur, Lurah Kawatuna, Lurah Lasoani, Lurah Layana Indah, Lurah Poboya, Lurah Talise, Lurah Tanamodindi, Lurah Tondo, Lurah Baiya, Lurah Lambara, Lurah Panau, Lurah Pantoloan, Lurah Pantoloan Boya, dan Lurah Talise Valangguni,” paparnya.

2. Kantor Imigrasi Kelas I Palu siap Mewujudkan WBK Dan WBBM

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Imigrasi Kelas I Palu, Zulhukmi Ottoluwa menjelaskan, sesuai tugas dan fungsi Sub Bagian Tata Usaha
, melakukan Urusan Umum dan Rumah Tangga, Urusan Kepegawaian dan Urusan Keuangan.Selain itu, sebagai unit pendukung pelaksanaan pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Palu, pihaknya berusaha memfasilitasi sarana prasarana pendukung, misalnya saja, peralatan dan kondisi ruangan pelayanan yang ada di Kantor Imigrasi Palu. “Atas saran Kepala Kanim, maka dilakukan rehabilitasi ruangan pelayanan. Itupun dengan menggunakan dana pemeliharaan rutin kantor yang sangat terbatas, dan sekarang hasilnya bisa dirasakan ruangan sudah menjadi agak luas”, jelas Zulhukmi. Namun demikian kata Zulhukmi, ukuran idealnya adalah rehabilitasi atau renovasi berat agar dapat memenuhi standar minimal luas ruang pelayanan kantor imigrasi, namun hal tersebut membutuhkan dana yang cukup besar.”Kita bersyukur telah mempunyai gedung kantor yang cukup layak, sebab masih ada Kantor Imigrasi didaerah lain yang belum mempunyai gedung kantor”, ungkapnya.Menurut Zulhukmi, pembangunan Kantor Imigrasi Kelas I Palu dibangun  tahun 1977, sehingga jika dilihat sesuai tahun pembangunannya, maka sudah layak untuk dilakukan renovasi secara keseluruhan. “Kami tetap melakukan pemeliharaan secara optimal dengan menyesuaikan kondisi keuangan yang ada. Dan kami terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat”, jelasnya.Target kedepan kata Zulhukmi, pihaknya akan kembali mengusulkan renovasi berat. “Usulan dari tahun 2015 hingga tahun 2018 bahkan untuk tahun 2019 mendatang akan kami usulkan untuk renovasi berat. Namun ada skala prioritas untuk pembangunan tersebut. Misalnya saja, pembangunan kantor imigrasi yang sudah sangat mendesak, seperti diwiayah perbatasan negara”, jelasnya. Saat ini kata Zulhukmi, pihaknya harus bisa memanfaatkan sumber daya yang ada termasuk keuangan, sehingga kedepan pelayanan bisa lebih baik lagi, sehingga target Kantor Imigrasi Kelas I Palu yakni mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dapat segera terwujud.”Pak kepala kantor sudah menegaskan hal tersebut. Untuk dapat diaksanakan dengan baik dan tetap semangat dalam bekerja dan bisa bersinergi sehingga pelayanan bisa lebih baik dan masyarakat bisa terlayani dengan baik sehingga akhirnya masyarakat yang menilai dalam pelayanan yang diberikan pihak Imigrasi Palu”, paparnya.Selain itu kata Zulhukmi, pihak imigrasi mengakui jika masih ada fasilitas yang belum bisa terpenuhi, namun dengan sumber daya yang ada tetap akan dioptimalkan demi terwujudnya pelayanan prima bagi masyarakat.

3. Mobile Paspor atau Mobile System Percepat Pelayanan PasporMobile Paspor. Merupakan seperangkat alat yang terdiri dari, perangkat komputer laptop, scanner, kamera, pemindai sidik jari yang dilengkapi dengan jaringan konektivitas yang langsung dapat dientri ke kantor imigrasi.“Jadi mobile system atau mobile paspor merupakan perangkat alat yang terdiri dari laptop, kamera. Dan masyarakat bisa direkam langsung di tempat. Kemudian difoto. Selanjutnya datanya dikirim ke kantor imigrasi,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I Palu Martson Hasudungan Sihaloho, S.Kom., beberapa pekan lalu.Keunggulan mobile paspor diantaranya dapat mempercepat pelayanan perekaman data bagi para pemohon paspor di daerah yang akses jalan terpencil, khususnya pengurusan dan pembuatan paspor bagi warga yang sakit.  Adapun spesifikasi dan cara kerja alat ini, kata Martson, belum diketahui jelas. Akan tetapi, kemampuannya tergantung penyimpanan data. Misalnya saja, alat ini memiliki kemampuan menyimpan data 1×24 jam, jadi harus cepat disambungkan di kantor imigrasi. Kemudian, jika alat ini mampu menyimpan dua sampai tiga hari, kemungkinan seluruh wilayah Sulawesi Tengah (wilayah kerja Kanim Palu) bisa terlayani.“Dampak positif dapat melayani orang sakit, dan penggunaan alat mobile paspor, atau mobil unit paspor, ternyata juga dapat dibawa langsung ke lokasi. Misalnya, tujuan di Kabupaten Buol, jemaahnya dapat direkam di sana langsung. Istilahnya jemput bola,” jelas Martson.Sementara terkait, Kepala Sub Seksi Perizinan Keimigrasian Kantor Imgrasi Kelas I Palu, Deddy Yulianto mengungkapkan, upaya yang dilakukan Imigrasi Kelas I Palu terkait meningkatnya kuota Haji 2018 dengan memberikan kemudahan dalam pengurusan dan penggantian paspor.“Khusus pengurusan paspor tahun 2018 yang kemarin, untuk kolektif, sabtu dan minggu kita buka dan untuk mandiri tiap jam kerja dari Senin hingga Jumat”, jelas Deddy Yulianto, di Palu.Untuk pelayanan penerbitan paspor CJH tahun 2018 telah dilaksanakan untuk seluruh kabupaten/kota di wilayah kerja Kanim Palu, yang meliputi, Donggala 183 orang, Parigi 128 orang, Poso 82 orang dan Buol 18 orang, Tolitoli kuota jamaah haji berkisar 209 orang. Sedangkan untuk kuota jamaah terbesar Sulteng yaitu, Kota Palu berkisar 700 orang”, ungkap Deddy.

4. Insarkom Imigrasi Palu Bekerja Sesuai Aturan Perundang UndanganKepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi (Insarkom) Kantor Imigrasi Kelas I Palu, Muhammad Bakri, SE,  SH,  M. Si menjelaskan, tugas dan fungsi seksi Insarkom yakni melakukan penyebaran dan pemanfaatan informasi serta pengelolaan sarana komunikasi kemigrasian di lingkungan Kantor Imigrasi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Sedangkan fungsi Insarkom adalah,melakukan pengumpulan, penelaahan, analisis data, evaluasi, penyajian informasi dan penyebarannya untuk penyelidikan keimigrasian, melakukan pemeliharaan, pengamanan dokumentasi dan penggunaan serta pemeliharaan sarana komunikasi.Menurut Muhamad Bakri, saat ini  pembenahan yang dilakukan seksi informasi dan sarana komunikasi, (Insarkom) terkait fasilitatip diantaranya, perbaikan ruangan arsip, manajemen kearsipan. Sedangkan bentuk kegiatan lainya misalnya, bakti sosial, donor darah bahkan lomba lukis. Kemudian terkait untuk profesional kinerja, maka telah dilakukan sinergi kerjasama antar seksi. “Walaupun dengan keterbatasan anggaran yang ada namun dapat diatasi.” Jelas Bakri.

5. Status Keimigrasian Bekerja Sesuai Prosedur Tugas seksi status keimigrasian adalah memberikan Pelayanan Keimigrasian bagi Warga Negara Asing (WNA) diantaranya melakukan penyaringan, penelitian, penyelesaian permohonan Izin Tinggal keimigrasian. Demikian dijelaskan Kepala Seksi Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Palu. Rudy Prasetyo, Amd. IM. SH, Kamis (16/6/2018), dI Kantor Imigrasi Kelas I Palu Sulawesi Tengah.Pihaknya, lanjut Rudy juga melakukan penelitian terhadap kebenaran bukti-bukti kewarganegaraan seseorang dan memberikan surat keterangan keimigrasian dalam rangka kelengkapan permohonan kewarganegaraan dan untuk anak berkewarga-negaraan Ganda.Menurut Rudy, secara umum untuk diketahui masyarakat bahwa dibagian seksi Status Keimigrasian pihaknya memberikan pelayanan dan pemberian ijin keimigrasian kepada Warga Negara Asing (WNA). “Jadi semua prodak Izin Keimigrasian bagi WNA, seperti Perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan, Perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan Saat Kedatangan (VOA), Izin Tinggal Terbatas (ITAS), Izin Tinggal Tetap (ITAP), Peneraan ITAS Perairan (Dahsuskim), Surat Keterangan Keimigrasian (SKIM) dan lainnya, semua itu dilakukan pengurusannya di seksi kami,” ungkap Rudy Prasetyo.(**)

Penulis : Rahmad Nur
Editor : H.Sakkar/Andi A Effendy

Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hukum dan Kriminal, Nusantara | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Wakapolda Sulsel Membuka Sosialisasi Pusdokes Polri di Mapolda Sulsel

Wakapolda Sulsel Membuka Sosialisasi Pusdokes Polri di Mapolda Sulsel


By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Wakapolda Sulsel Hadiri Rapat Bersama Gubernur, Ini Yang Di Bahas!

Wakapolda Sulsel Hadiri Rapat Bersama Gubernur, Ini Yang Di Bahas!


By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Pastikan Kesiap Siagaan Pemilu 2019, Tim Asistensi Polri Sambangi Polda Sulsel

Pastikan Kesiap Siagaan Pemilu 2019, Tim Asistensi Polri Sambangi Polda Sulsel


By: Admin1 | 17 Oktober 2018

Kategori: Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Video : Inilah Kepedulian Kapolda Sulsel Serahkan Bantuan Dana Rp.1,7 Miliar untuk Korban Bencana Alam di Sulteng

Video : Inilah Kepedulian Kapolda Sulsel Serahkan Bantuan Dana Rp.1,7 Miliar untuk Korban Bencana Alam di Sulteng


By: Admin1 | 17 Oktober 2018

Kategori: Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita TNI, Berita Utama, Hello Polisi, Nusantara Jalin Sinergitas TNI Polri, Panglima Kodam XIV Hasanuddin Minta Kodim 1410 Bantaeng Jaga Hubungan Baik Dengan Polres Bantaeng

Jalin Sinergitas TNI Polri, Panglima Kodam XIV Hasanuddin Minta Kodim 1410 Bantaeng Jaga Hubungan Baik Dengan Polres Bantaeng


Tulisan Terkait

By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Wakapolda Sulsel Membuka Sosialisasi Pusdokes Polri di Mapolda Sulsel

Wakapolda Sulsel Membuka Sosialisasi Pusdokes Polri di Mapolda Sulsel


By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Wakapolda Sulsel Hadiri Rapat Bersama Gubernur, Ini Yang Di Bahas!

Wakapolda Sulsel Hadiri Rapat Bersama Gubernur, Ini Yang Di Bahas!


By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Pastikan Kesiap Siagaan Pemilu 2019, Tim Asistensi Polri Sambangi Polda Sulsel

Pastikan Kesiap Siagaan Pemilu 2019, Tim Asistensi Polri Sambangi Polda Sulsel


By: Admin1 | 17 Oktober 2018

Kategori: Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Video : Inilah Kepedulian Kapolda Sulsel Serahkan Bantuan Dana Rp.1,7 Miliar untuk Korban Bencana Alam di Sulteng

Video : Inilah Kepedulian Kapolda Sulsel Serahkan Bantuan Dana Rp.1,7 Miliar untuk Korban Bencana Alam di Sulteng


By: Admin1 | 17 Oktober 2018

Kategori: Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita TNI, Berita Utama, Hello Polisi, Nusantara Jalin Sinergitas TNI Polri, Panglima Kodam XIV Hasanuddin Minta Kodim 1410 Bantaeng Jaga Hubungan Baik Dengan Polres Bantaeng

Jalin Sinergitas TNI Polri, Panglima Kodam XIV Hasanuddin Minta Kodim 1410 Bantaeng Jaga Hubungan Baik Dengan Polres Bantaeng


Tulisan Terkait

By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Wakapolda Sulsel Membuka Sosialisasi Pusdokes Polri di Mapolda Sulsel

Wakapolda Sulsel Membuka Sosialisasi Pusdokes Polri di Mapolda Sulsel


By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Wakapolda Sulsel Hadiri Rapat Bersama Gubernur, Ini Yang Di Bahas!

Wakapolda Sulsel Hadiri Rapat Bersama Gubernur, Ini Yang Di Bahas!


By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Pastikan Kesiap Siagaan Pemilu 2019, Tim Asistensi Polri Sambangi Polda Sulsel

Pastikan Kesiap Siagaan Pemilu 2019, Tim Asistensi Polri Sambangi Polda Sulsel


By: Admin1 | 17 Oktober 2018

Kategori: Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Video : Inilah Kepedulian Kapolda Sulsel Serahkan Bantuan Dana Rp.1,7 Miliar untuk Korban Bencana Alam di Sulteng

Video : Inilah Kepedulian Kapolda Sulsel Serahkan Bantuan Dana Rp.1,7 Miliar untuk Korban Bencana Alam di Sulteng


By: Admin1 | 17 Oktober 2018

Kategori: Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita TNI, Berita Utama, Hello Polisi, Nusantara Jalin Sinergitas TNI Polri, Panglima Kodam XIV Hasanuddin Minta Kodim 1410 Bantaeng Jaga Hubungan Baik Dengan Polres Bantaeng

Jalin Sinergitas TNI Polri, Panglima Kodam XIV Hasanuddin Minta Kodim 1410 Bantaeng Jaga Hubungan Baik Dengan Polres Bantaeng


Tulisan Terkait

By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Wakapolda Sulsel Membuka Sosialisasi Pusdokes Polri di Mapolda Sulsel

Wakapolda Sulsel Membuka Sosialisasi Pusdokes Polri di Mapolda Sulsel


By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Wakapolda Sulsel Hadiri Rapat Bersama Gubernur, Ini Yang Di Bahas!

Wakapolda Sulsel Hadiri Rapat Bersama Gubernur, Ini Yang Di Bahas!


By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Pastikan Kesiap Siagaan Pemilu 2019, Tim Asistensi Polri Sambangi Polda Sulsel

Pastikan Kesiap Siagaan Pemilu 2019, Tim Asistensi Polri Sambangi Polda Sulsel


By: Admin1 | 17 Oktober 2018

Kategori: Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Video : Inilah Kepedulian Kapolda Sulsel Serahkan Bantuan Dana Rp.1,7 Miliar untuk Korban Bencana Alam di Sulteng

Video : Inilah Kepedulian Kapolda Sulsel Serahkan Bantuan Dana Rp.1,7 Miliar untuk Korban Bencana Alam di Sulteng


By: Admin1 | 17 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Nusantara Walikota Parepare Inisiatif Tingkatkan Puskesmas Madising Na Mario Jadi RS Type C

Walikota Parepare Inisiatif Tingkatkan Puskesmas Madising Na Mario Jadi RS Type C


Tulisan Terkait

By: Admin1 | 15 Oktober 2018

Kategori: Hukum dan Kriminal Kapolres AKBP.DR Burhaman, SH, MH Limpahkan Kasus Penganiayaan Ke JPU Kejari Barru

Kapolres AKBP.DR Burhaman, SH, MH Limpahkan Kasus Penganiayaan Ke JPU Kejari Barru


By: Admin1 | 14 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita TNI, Berita Utama, Daerah, Hukum dan Kriminal, Makassar Kanwil Kemenag Sulsel : Ajak ASN Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama Di Daerah

Kanwil Kemenag Sulsel : Ajak ASN Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama Di Daerah


By: Admin1 | 11 Oktober 2018

Kategori: Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hukum dan Kriminal, Nasional, Nusantara DPD dan DPC AJO Indonesia Riau Resmi Dilantik

DPD dan DPC AJO Indonesia Riau Resmi Dilantik


By: Admin1 | 27 September 2018

Kategori: Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Hukum dan Kriminal, Keuangan, Makassar Oktober 2018, APPI Akan Adakan Multifinance Day di Makassar, Ada Pameran, Lomba Dan Edukasi Perencanaan Keuangan

Oktober 2018, APPI Akan Adakan Multifinance Day di Makassar, Ada Pameran, Lomba Dan Edukasi Perencanaan Keuangan


By: Admin1 | 24 September 2018

Kategori: Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hukum dan Kriminal, Makassar HUT Agraria Ke 58, Kasi III BPN Gowa, Abidin, SH MH Raih Satya Lencana

HUT Agraria Ke 58, Kasi III BPN Gowa, Abidin, SH MH Raih Satya Lencana


Tulisan Terkait

By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Wakapolda Sulsel Membuka Sosialisasi Pusdokes Polri di Mapolda Sulsel

Wakapolda Sulsel Membuka Sosialisasi Pusdokes Polri di Mapolda Sulsel


By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Wakapolda Sulsel Hadiri Rapat Bersama Gubernur, Ini Yang Di Bahas!

Wakapolda Sulsel Hadiri Rapat Bersama Gubernur, Ini Yang Di Bahas!


By: Admin1 | 18 Oktober 2018

Kategori: Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Pastikan Kesiap Siagaan Pemilu 2019, Tim Asistensi Polri Sambangi Polda Sulsel

Pastikan Kesiap Siagaan Pemilu 2019, Tim Asistensi Polri Sambangi Polda Sulsel


By: Admin1 | 17 Oktober 2018

Kategori: Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hello Polisi, Nusantara Video : Inilah Kepedulian Kapolda Sulsel Serahkan Bantuan Dana Rp.1,7 Miliar untuk Korban Bencana Alam di Sulteng

Video : Inilah Kepedulian Kapolda Sulsel Serahkan Bantuan Dana Rp.1,7 Miliar untuk Korban Bencana Alam di Sulteng


By: Admin1 | 17 Oktober 2018

Kategori: Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita TNI, Berita Utama, Hello Polisi, Nusantara Jalin Sinergitas TNI Polri, Panglima Kodam XIV Hasanuddin Minta Kodim 1410 Bantaeng Jaga Hubungan Baik Dengan Polres Bantaeng

Jalin Sinergitas TNI Polri, Panglima Kodam XIV Hasanuddin Minta Kodim 1410 Bantaeng Jaga Hubungan Baik Dengan Polres Bantaeng


Custom & Design by: paradesain.net

View Desktop Version
by Mobile Domain