Pembagian Raport Siswa Dirangkaikan Dengan Sosialiasi Penghapusan PRT Anak

Pembagian Raport Siswa Dirangkaikan Dengan Sosialiasi Penghapusan PRT Anak

Sinjai, Beritakota Online-Desa Barambang, Kab Sinjai 24/12/2016Sebagai tindak lanjut dari pelatihan yang telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 di Hotel Sinjai, ILO-Promote Sulsel dan PGRI Sinjai melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penghapusan pekerja rumah tangga (PRT) anak di SMP Negeri 2 Sinjai Borong, di Desa Barambang Sinjai pada Sabtu 24/12/2016.

Kegiatan ini sengaja dirangkai dengan acara penyerahan raport siswa, yang rutin dilaksanakan setiap akhir semester. Dihadiri oleh lebih kurang 70 peserta yang merupakan orang tua siswa, kegiatan sosialisasi dimulai pada jam 9.00 Wita.

Mansyur, selaku kepala sekolah di SMP tersebut dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat penting dilaksanakan di sekolahnya karena berdasarkan pengamalan di tahun-tahun sebelumnya, banyak siswanya yang tidak melanjutkan sekolah karena dengan alasan ingin membantu perekonomian keluarga akhirnya berhenti sekolah dan bekerja sebagai PRT di kota. Untuk itu, dia sangat mengapresiasi kesediaan pengurus PGRI Sinjai dan ILO yang datang untuk memberikan sosialiasi. Apalagi sekolahnya yang berjarak sekitar 60Km dari Ibu kota Sinjai terbilang masih sangat sulit dijangkau karena kondisi jalan yang rusak parah.

Selanjutnya, Basri selaku sekertaris PGRI Sinjai dalam sambutannya menjelaskan tentang kerjasama yang telah terjalin antara ILO dan PGRI untuk bersama-sama mengkampanyekan penghapusan dan pencegahan PRT Anak. Menurutnya, saat ini, biaya sekolah semestinya tidak bisa lagi dijadikan alasan oleh orang tua untuk memberhentikan anaknya dari sekolah. Sebab,  pemerintah telah melaksanakan program pendidikan gratis. Untuk itu dia berharap agar para orang tua yang hadir terus mendukung anaknya agar bisa tetap bersekolah.

Koordinator Provinsi Sulsel ILO-Promote Rasyidi Bakry menyampaikan bahwa sebagai badan di bawah PBB yang memiliki mandat utama untuk mewujudkan kerja layak bagi semua pekerja, ILO  Promote fokus bekerja untuk mendorong terwujudnya kerja layak bagi PRT dan di saat yang sama mendorong agar anak-anak di bawah usia 18 tahun tidak dipekerjakan sebagai PRT. Menurut data ILO, Sinjai adalah salah satu Kabupaten yang menjadi pemasok PRT khususnya di Makassar. Namun sangat disayangkan karena masih ada anak-anak yang dipekerjakan sebagai PRT. Menurutnya, pekerjaan ini sangat rentan bagi anak-anak karena mereka bekerja di wiliyah private yang sulit dipantau. Ada anggapan yang keliru dari sebagian majikan yang menganggap bahwa mempekerjakan anak sebagai PRT lebih menguntungkan karena anak lebih patuh. Padahal, sulit mengharapkan hasil kerja yang sempurna dari anak-anak, karena dunia mereka memang bermain dan belajar. Hasil kerja yang kurang baik itulah yang seringkali jadi pemicu munculnya kekerasan oleh majikan terhadap PRT. Padahal itu terjadi karena kesalahan majikan sendiri yang mempekerjakan anak-anak. Senada dengan Basri, Rasyidi juga menghimbau agar orang tua yang hadir terus mendukung dan memberi kesempatan anak-anak mereka untuk melanjutkan pendidikan. Orang tua semestinya tidak terjebak dalam kepentingan pragmatis dengan langsung meminta anak bekerja agar dapat penghasilan tambahan, tidak menutup kemungkinan salah satu dari anak didik di SMPN 2 Borong ini akan jadi orang sukses di masa datang jika terus diberi kesempatan untuk bersekolah, karena pendidikan adalah jalan yang paling memungkinkan untuk itu, pungkasnya. ( Azis Umar)

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

23 - Sep – 2014 - Admin1

Berita Foto : Dirut PDAM Kota Makassar Terima Pengurus PERPAMSI Pusat

30 - May – 2014 - Admin1

Berita Foto : Pemilik Warkop 16 Pasar Sentral BTP Bersama Tokoh Masyarakat Pada Pembukaan

10 - Oct – 2015 - Admin1

LSM dan Serikat Buruh Makassar Gelar Aksi Solidaritas untuk PRT Korban Penganiayaan

7 - Nov – 2014 - Admin1

Berita Foto : Siswa-Siswi SDI Toddopuli Unggulan Serahkan Bantuan Dana Untuk Korban Kebakaran di Rappocini Makassar

9 - Sep – 2012 - Admin1

Dayung Raih Medali Emas Pertama di PON Riau

Tulisan Terkait

16 - Nov – 2015 - Admin1

Gugatan Menang Di Pengadilan, Kodam VII Wirabuana Minta 148 Rumdis TNI di Makassar Dikosongkan

23 - Sep – 2015 - Admin1

Berita Foto : Kapolres Dan Kasat Lantas Polres Pangkep Serahkan Bantuan dan Santunan Korban Laka Lantas

19 - Dec – 2014 - Admin1

Woow, Lift Mall Panakkukang Putus , 3 Pengunjung Terluka

21 - Sep – 2015 - Admin1

H. Sangkala Prihatin Masih Ada Anak Warga Miskin ” Putus Sekolah”

21 - Dec – 2015 - Admin1

Hadapi MEA, LDII Sulsel Akan Bentuk UKM Center

Tulisan Terkait

18 - Jan – 2015 - Admin1

Menteri LHK Apresiasi Penerima Satya Lencana Pembangunan Bidang Lingkungan Hidup 2014

29 - Jan – 2016 - Admin1

Ketua MUI Sulsel: Islam Melarang Radikalisme

7 - Nov – 2013 - Admin1

Pembukaan KSN Indotera Expo 2013 Menamkan Semangat ‘Pahlawanku Idolaku’

4 - Mar – 2013 - Admin1

Jambret Kalung Emas, Pelaku Diamuk Massa

6 - Sep – 2014 - Admin1

Yanus Suprayogi : Kesuksesan Rachman Syafrie Pimpin Angkasa Pura I Raih Predikat Terbaik