Januari 2017, Kades di Maros Tidak Keluarkan Surat Keterangan Miskin

Januari 2017, Kades di Maros Tidak Keluarkan Surat Keterangan Miskin

Maros, Beritakota Online-Tiga Instansi Kabupaten Maros melaksanakan sosialisasi di  kantor Kecamatan  Tompobulu Kabupaten Maros, yakni  kepala Dinas Kesehatan Dr. H.A. Firman Jaya, Kepala Dinas Sosial Maros Drs. Muh. Alwi, dan  Kepala Operasional BPJS Maros Sri Wahyuni Tahir serta PLT Camat Tompobulu A. Rais Noval, kegiatan ini berlansung pada hari Senin, 19 Desember 2016. Camat Tompobulu A. Rais Noval dalam arahannya ketika membuka acara sosialisasi tentang BPJS kesehatan mandiri, data sosial dan data kesehatan mengungkapkan bahwa masyarakat kabupaten Maros khususnya warga Kecamatan Tompobulu agar dapat mengikuti arahan dari tiga pejabat yakni dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan dari BPJS Maros. Camat Tompobulu menghimbau agar setelah selesai acara sosialisasi bagi kepala desa/lurah, kepala dusun dan RT secepatnya memberi tahu semua masing-masing warganya untuk dapat memperhatikan baik dari BPJS, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan. Camat Tompobulu menambahkan agar bagi warga yang belum melunasi PBBnya agar secepatnya diselesaikan.

Kepala BPJS Maros Sri Wahyuni dalam arahannya mengatakan bahwa BPJS mempunyai program diantaranya adalah BPJS Kesehatan Mandiri yang iurannya dibayar 25.500 (dua puluh ribu lima ratus) per bulan per orang dan juga nantinya kartu BPJS Mandiri Kesehatan pada tahun 2019 tidak ada lagi masyarakat yang tidak memilikinya dan kartu ini juga dipergunakan bilamana mengurus surat-surat pada instansi pemerintah.

Kepala Dinas Sosial M. Alwi dalam pemaparannya mengatakan bahwa sesuai dengan surat edaran Bupati Maros bahwa untuk bulan Januari tahun 2017 yang akan datang tidak ada lagi Kepala Desa dan Lurah mengeluarkan surat keterangan miskin kepada warga yang akan digunakan untuk berobat. Alasannya bahwa warga yang biasanya datang ke Pemerintah Desa/Lurah meminta surat keterangan miskin untuk berobat ternyata dia mempunyai fasilitas yang mewah, contohnya punya mobil, motor dan rumah yang bagus sehingga Bupati Maros mengeluarkan surat edaran tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. Firman Jaya dalam pemaparannya mengatakan bahwa “penduduk yang tadinya JAMKESDA sekarang sudah dimasukkan dalam JKN terintermidasi  kurang lebih 59.000 orang sudah terdaftar yang dananya ditanggung dari 40 persen dari APBD I dan 60 persen APBD II sampai saat ini dan masih ada masyarakat kurang lebih 62.000 orang yang belum terdaftar dan  belum memegang kartu kesehatan yang didapatkan dari data real dari Dinas Sosial melalui Tenaga Kerja Sosial Kesehatan (TKSK) yang langsung terjun ke lapangan  untuk mendata. Penduduk yang kurang mampu sebanyak 59.000 orang yang BPJSnya ditanggung oleh pemerintah APBD I dan APBD II”, katanya. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Dusun RT, Tokoh Masyarakat dan undangan. (Syamsul Bakhri)

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Kesehatan | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

10 - Jun – 2013 - Admin1

Gabungan BEM di Makassar Aksi Demo Tolak Kenaikan BBM

5 - May – 2013 - Admin1

Lalai, Polisi Test Senapan Angin Tewaskan Warga Makassar

20 - Feb – 2016 - Admin1

Ajiep Padindang Menguji Doktor ke-100 Sosiologi PPs-UNM

24 - May – 2012 - Admin1

Warga Maros Digilas Truk Badan Terbagi Dua

20 - Oct – 2016 - Admin1

OJK : Dekat Dengan Masyarakat, Lembaga Layanan Keuangan Bisa Entaskan Kemiskinan

Tulisan Terkait

3 - Oct – 2013 - Admin1

Musdalub Dan Pelantikan Pengurus Aklindo Sulsel di Makassar

12 - Apr – 2017 - Admin1

Setelah Lutra, RMS Kini Bagi Sembako di Lutim Didampingi Wabup

19 - Jan – 2014 - Admin1

Pertamina Region VII Sulawesi Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang di Manado

14 - Apr – 2016 - Admin1

Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto Bersilaturrahmi Bersama Pejabat Utama di Mapolda Sulselbar

24 - Feb – 2014 - Admin1

Gubernur Sulsel Luncurkan Pertamina Dex di Makassar

Tulisan Terkait

26 - Dec – 2015 - Admin1

Kompolnas : Akhir 2015, Polri Sudah Miliki 1300 Perwira Berpangkat Komisaris Besar.

17 - Aug – 2014 - Admin1

Gubernur Sulsel Jadi Irup Upacara Proklamasi HUT RI Ke 69 di Gubernuran Makassar

26 - Feb – 2013 - Admin1

Calon Dokter di Makassar Aksi Demo

5 - Feb – 2013 - Admin1

Warga Dangko Dan Abdul Kadir Sepakat Serahkan Senjata Ke Polisi

9 - Mar – 2016 - Admin1

Gerhana Matahari Total, Ribuan Wisatawan Kumpul Dipantai Talise Palu