Saber Pungli Polda Kalbar Lakukan OTT Terhadap Anggota Koperasi Pelabuhan

Saber Pungli Polda Kalbar Lakukan OTT Terhadap Anggota Koperasi Pelabuhan

Laporan : Dirman dari Pontianak

Pontianak,Berita Kota Online, Operasi Sapu Bersih Pungli yang dibentuk oleh Gubernur Kalbar Sabtu 17/12 siang telah menangkap tangan 3 ( tiga) orang  tersangka  masing masing Jan buruh bongkar Muat pelabuhan, Ber Mandor Pelabuhan koperasi TKBM dan Jan alias War Mandor Pelabuhan  Dwi Kora Pontianak.

Menurut Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Drs. SUHADI SW
M.Si berawal dari adanya informasi dari masyarakat bahwa di Pelabuhan Dwi Kora Pontianak sering terjadi pemerasan terhadap perusahaan jasa Ekspedisi muatan Kapal Laut oleh para Mandor di Pelabuhan Dwi Kora Pontianak dengan cara meminta sejumlah uang serta memaksa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan  dan apabila tidak diberi uang  barang tidak bisa keluar dari Pelabuhan.

mensikapi informasi tersebut Tim Saber Pungli Polda Kalbar dibawah Pimpinan AKBP Permadi bersama Tim melakukan monitoring dan  pemantauan di wilayah Pelabuhan Dwi Kora Pontianak, pada hari Saptu 17/12 sekitar pukul 12.30 di Warung Kopi Ahui Jalan Komodor Yos Sudarso Pontianak, ditemukan  seorang yang mengaku bernama Jap Kuasa dari Perusahaan Importir PT.AD sedang menyerahkan uang kepada Para Mandor.

Setelah dilakukan penangkapan dan pemeriksaan terhadap Jap  bahwa pihaknya sebenarnya sudah membayar secara resmi kepada Pelindo sebesar 1.3 juta sebagai biaya bongkar muat dengan menggunakan  Forklif tanpa menggunakan tenaga buruh, namun oleh mandor masih diminta uang sejumlah Rp 4.887.500,- uang  pembayaran tersebut diberikan kepada mandor agar barangnya bisa keluar dari Pelabuhan jadi bukan untuk bongkar muat.
Berdasarkan hal tersebut Tim Saber Pungli langsung melakukan penangkapan terhadap  beberapa buruh dan Mandor, termasuk melakukan pemeriksaan terhadap Ketua Koperasi TKBM Sdr. RP dan Staf Adm Sdri DW.

Sementara itu dari pihak PT AR diperiksa  Sdr Jap selaku Direktur dan  IL selaku Bendahara PT.AR keempatnya sampai saat ini masih berstatus  sebagai SAKSI.
Sementara Tiga orang masing masing YAN, BER DAN YAN Alias WAR sebagai tersangka dan saat ini diamankan di Polda Kalbar.

Kepada ketiga tersangka tersebut oleh Penyidik dikenakan pasal 368 ayat (1) KUHP dan Pasal 55 ayat (1) KUHP yang ancaman hukumannya diatas 5 tahun, tegas Kabid Humas Polda Kalbar.

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Hukum dan Kriminal | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

17 - Aug – 2016 - Admin1

HUT RI Ke 71 Di Pertamina MOR VII Sulawesi, GM Pertamina Bagikan Bingkisan Veteran Dan Siswa SD

21 - Jan – 2015 - Admin1

Pangdam VII Wirabuana Siap Membantu Muktamar Muhammadiyah di Makassar

27 - Feb – 2013 - Admin1

FPPD Lakukan Aksi Demo di KPU Sulsel

25 - Sep – 2014 - Admin1

Kasat Lantas Polres Wajo : Kami Merupakan Bagian Dari Masyarakat

14 - Oct – 2012 - Admin1

26 SKPD Pemkot Makassar Dinilai Kinerja Buruk

Tulisan Terkait

18 - Feb – 2015 - Admin1

Presiden Jokowi Tunjuk Komjen Polisi Badrodin Haiti Calon Kapolri

27 - Mar – 2016 - Admin1

Berita Foto : Camat Bungoro Giat Rutin Pantau Lampu Jalan Dalam Wilayahnya

27 - Feb – 2013 - Admin1

Dewan : Managemen Hotel Mercure Tidak Beretika

3 - Jun – 2016 - Admin1

60 Pelaku Usaha IKM Se Sulsel Ikut Sosialisasi Restrukturisasi Mesin dan Peralatan Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian

18 - Feb – 2015 - Admin1

Bupati Jeneponto Berharap Genjot Pembangunan Hutan Kota

View Desktop Version
by Mobile Domain