Gencar Berantas Pungli, BPN Sidrap Laksanakan Program ” SIMPONI” Masyarakat Bayar Pakai ATM

Gencar Berantas Pungli, BPN Sidrap Laksanakan Program ” SIMPONI” Masyarakat Bayar Pakai ATM

Sidrap, Beritakota Online-Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI) merupakan sistem billing yang memfasilitasi pembayaran/penyetoran PNBP dan penerimaan non-anggaran. SIMPONI memberi kemudahan bagi wajib bayar untuk membayar/menyetor PNBP dan penerimaan non-anggaran melalui berbagai kanal pembayaran: teller, Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Electronic Data Capture (EDC ), dan internet banking.

MPN G2 merupakan gabungan dari dua sistem: billing system dan settlement system. Billing system digunakan dalam proses administrasi data pembayar dan pembayaran, memfasilitasi proses awal dari keseluruhan proses pembayaran dan penyetoran pendapatan negara. Settlement system digunakan untuk memfasilitasi penyelesaian proses pembayaran, rekonsiliasi, hingga penyampaian data-data kepada stakeholders.

SIMPONI merupakan sistem yang dapat digunakan wajib bayar untuk membuat billing PNBP secara online melalui laman simponi.kemenkeu.go.id. Untuk dapat menggunakan fasilitas tersebut, wajib bayar terlebih dahulu melakukan registrasi akun SIMPONI. Setelah mempunyai akun SIMPONI, wajib bayar sudah bisa log in SIMPONI untuk kemudian mengisi data pribadi dan kewajiban PNBP yang akan dibayar. Setelah itu wajib bayar akan mendapatkan kode billing. Kode billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan SIMPONI yang digunakan untuk membayar PNBP melalui kanal-kanal pembayaran tadi.

Sekarang membayar PNBP sudah lebih mudah. Untuk membayar PNBP seperti biaya pembuatan paspor, dividen BUMN, dan royalti tambang, tidak perlu repot-repot lagi mengisi Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP) dan membayarnya melalui teller bank, lewat ATM pun bisa. Struk ATM dengan teraan NTPN dan NTB/NTP juga berfungsi sebagai Bukti Penerimaan Negara (BPN) yang kedudukannya disamakan dengan surat setoran.

Seperti halnya yang telah dilaksanakan di Kantor Badan Pertanahan ( BPN) Kabupaten Sidrap selama ini dimana Program Simponi berjalan secara maksimal dan sangat memudahkan bagi warga dalam hal pembayaran dan para petugas diloket terhindar  dari praktek Pungutan Liar ( Pungli)  yang selama ini menjadi Program Presiden RI Jokowi yakni adanya Saber Pungli, kata Awaluddin Kepala kantor BPN Sidrap kepada Beritakota Online, Kamis ( 15/12/2016) diruang kerjanya saat menerima kunjungan  Crew Kantor Berita Kota Online.

” Dengan adanya program Simponi ini para Petugas diloket tidak lagi bersentuhan dengan uang jadi dapat memberantas Pungli, ” jelas mantan Kepala BPN Sinjai ini.

Laporan : Muh Sain
Editor : H. Sakkar/ Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Foto, Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

1 - Jul – 2015 - Admin1

69 Tahun Bhayangkara, Pemkab Jeneponto Buka Puasa Akbar Bersama Warga

17 - Jan – 2014 - Admin1

Berita Foto: Satlantas Polrestabes Peduli Dan Kepekaan Lingkungan Untuk Warga Makassar

28 - Dec – 2014 - Admin1

Warga Pangkep Temukan Batu Langkah Yang Bertuliskan Algur’an

18 - Aug – 2014 - Admin1

Berita Foto : Kanwil Bank BRI Serahkan Makassar Smart Card Ke Walikota Makassar

6 - Jan – 2015 - Admin1

Bupati Resmikan Rumah ATM Bank BRI Dan Bank Sulselbar di Jeneponto

Tulisan Terkait

31 - Jan – 2013 - Admin1

Kapolda Sulsel: Pelaksanaan Tugas Anggota Belum Selesai

30 - May – 2012 - Admin1

Komisi C Akan Panggil Pengelolah Rumah Sakit di Makassar

12 - May – 2012 - Admin1

Sulut Diguncang Gempa 5,5 SR

10 - Nov – 2015 - Admin1

Waduh, Puluhan Siswa SMP 2 Segeri Pangkep Diduga Keracunan Massal !

31 - Jan – 2013 - Admin1

Irman YL : “Kami Tidak Butuh Janji Kapolda”

Tulisan Terkait

13 - May – 2013 - Admin1

Lagi ,Aksi Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM di Makassar

22 - May – 2016 - Admin1

Akbar Parollei : Pembinaan Moral Yang Utama, Dalam Mencegah Kekerasan di Sekolah

10 - Nov – 2016 - Admin1

Menunggu Dekan Baru Universitas Muhammadiyah Luwuk 

20 - Dec – 2013 - Admin1

Menteri Sosial Hadiri Peringatan HKSN di Makassar

8 - Aug – 2013 - Admin1

Calon Walikota ” DIA dan NONE ” Diopen House Gubernur Sulsel