Inilah ” Jeritan Hati ” Warga di Seputaran Pabrik Semen Tonasa

Inilah ” Jeritan Hati ” Warga di Seputaran Pabrik Semen Tonasa

Pangkep, Beritakotaonline, PT Semen Tonasa, yang merupakan Badan Milik Usaha Negara (BUMN) yang tentunya telah tunduk pada ketentuan aturan BUMN tentang kepedulian atas dampak lingkungan yang di alami masyarakat di seputaran Pabrik berlokasi.

Kini,  terdengar jeritan warga di seputaran Pabrik PT Semen Tonasa, akibat dari pencemaran lingkungan yang berdampak cukup besar dalam kelangsungan kehidupan mereka.

Dengan hidangan debu semen tiap detik, siang malam dan tidak memilih musim hujan atau musim kemarau, hanya saja di musim hujan ini, masih mending karena, tidak terlalu, tapi juga hanya sekali-kali, saja hujan, tetap saja beterbangan debunya.

“Yang pasti, tidak ada lagi segarnya udara yang di nikmati seperti dulu yang di nikmati orang tua saya, Demikian jeritan hati Hermawati, SP.d, salah seorang warga yang bermukim di kampung Borongtia, tepatnya di balik pagar tembok para karyawan elit PT Semen Tonasa.

Hermawati yang kini sudah 7 tahun mengabdikan diri sebagai tenaga sukarela pengajar di SMP Negeri I Bungoro, yang juga aktifis perhati lingkungan,  hanya pasra menghadapi kondisi kehidupannya, tiap detik, siang malam di suguhi debu Semen Tonasa, yang kini, hanya berjarak kurang lebih 500 meter tempat kediamannya dari Pabrik PT Semen Tonasa.

Rumah yang kita diami puluhan tahun ini, tertutup terus, siang-malam, hal itu di lakukan sekedar mengantisipasi seminim mungkin masuknya debu semen di rumah, tapi apapun yang di laksanakan, debu semen tetap masuk, bahkan masuk di lemari pakaian, apalagi dapur masak “Sangat memprihatinkan”

Hermawati mengatakan Harusnya pak, ada timbal baliknya, berupa konstribusi kepedulian dari PT Semen Tonasa, atas dampak lingkungan yang kita rasakan, tapi kenyataannya, tidak ada, “Walaupun itu pembeli susu tiap bulan, juga tidak ada” kesalnya.

Saat di tanya, kenapa anda tidak bekerja di Tonasa, Hermawati mengatakan, tidak di terima. Yang bekerja di kantor pusat PT Semen Tonasa itu, rata-rata orang luar Pangkep yang menopoli, kalau kita hanya dampak lingkungannya saja yang di nikmati.

Kalau di tawari bekerja di Tonasa, bagaimana?, sekalipun saya hanya bekerja sebagai pegawai Swalayan PT Semen Tonasa, aku mau dan siap pak, jawabnya.  ( Herman Djide)

Editor : H. Sakkar Rauf


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Lingkungan | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

25 - Dec – 2015 - Admin1

Berita Foto : Kanit Lantas Berfose Di Posko Pengamanan Operasi Lilin Polsek Panakkukang

26 - Feb – 2015 - Admin1

Portugal Kerjasama Pemkab Jeneponto Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin Senilai Rp. 1,3 T

12 - Feb – 2015 - Admin1

Kepsep di Pangkep Pertanyakan Lambannya Pencairan Dana Bos

21 - Jun – 2016 - Admin1

Drupa 2016 : Prediksi Produk Kemasan Akan Capai USD 1 Triliun di Tahun 2020

23 - Feb – 2016 - Admin1

Woow , Ada Tempat Wisata Tani di Desa Leang Lonrong Pangkep

Tulisan Terkait

28 - Aug – 2015 - Admin1

Berita Foto : Kapolda Sulsel Ikut Tarik Perahu Phinisi Senilai Rp 2,3 Milliar di Makassar

14 - Apr – 2016 - Admin1

Program Undian Kupon Pertalite di Makassar Sangat Semarak

21 - Aug – 2014 - Admin1

Berita Foto : Bupati Pangkep Pantau Tambak Udang di Mar’ang

16 - Dec – 2016 - Admin1

Komisoner KPU Jeneponto Silahturahmi Kadis Pendidikan

20 - Jan – 2016 - Admin1

Mantan Wakil Bupati Bulukumba Pergi Dengan Meninggalkan Sejuta Obsesi

Tulisan Terkait

26 - Jul – 2014 - Admin1

Wah, Pangkep Terancam “Tenggelam” Sepuluh Tahun Ke Depan !

25 - Dec – 2014 - Admin1

Berita Foto : Kapolda Sulselbar Memberikan Bingkisan Kepada Pendeta di Gereja Toraja Makassar

2 - Nov – 2014 - Admin1

LPM Borong Adakan Pelatihan Buat Nugget Dan Bakso Dari Ikan

26 - Dec – 2014 - Admin1

Berita Foto : Kapolda Sulselbar Bersama Kabid Humas Dan Kasi STNK Samsat Makassar Pantau Keamanan Natal Dan Tahun Baru 2015

26 - Nov – 2012 - Admin1

Berita Foto: Wakapolda Hibur Tamu Dimapolda Sulsel