Dispenda Sulsel Adakan Sosialisasi Pajak Daerah Wilayah UPTD Makassar

Dispenda Sulsel Adakan Sosialisasi Pajak Daerah Wilayah UPTD Makassar

Makassar, Beritakota Online-Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulawesi Selatan melalui UPTD Wilayah Makassar menggelar sosialisasi pajak daerah di Sahid Jaya Hotel, Selasa (15/11). Kegiatan dihadiri Kepala  Dispenda Sulsel, Tautoto TR, Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Sulsel, Kompol Abd Rachim, Kepala UPTD Samsat Makassar, Harmin, Pamin I STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Sulsel, IPTU Ade Firmansyah, Kepala Adpel, Hakim.

Kepala  Dispenda Sulsel, Tautoto TR dalam arahannya minta masyarakat taat membayar pajak karena pada dasarnya pajak yang dibayarkan itu untuk kepentingan rakyat juga.

Pajak merupakan sumber penerimaan negara yang sangat besar nilainya.
Mantan  mengajak masyarakat memahami manfaat pajak dalam memacu pembangunan daerah, karena pajak sangat penting artinya dalam menopang pembiayaan pembangunan nasional.

“Besar kecilnya pajak akan menentukan kapasitas anggaran dalam pembiayaan pembangunan. Dan wujud dari pajak itu akan dikembalikan juga kepada masyarakat untuk membangun daerah ,”ujarnya.
Tautoto juga mengingatkan kepada warga, khususnya yang memiliki kendaraan lebi dari satu unit agar senantiasa berkonsultasi dengan kantor pajak. Itu terkait dengan pemberlakuan pajak progresif bagi warga yang memiliki kendaraan lebih dari satu.

“Sistem bagi hasil pajak antara pihak pemerintah sudah di atur sedemikian rupa. Seperti pada bagi hasil pajak daerah untuk pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama, sebanyak 70 persen merupakan kuota provinsi dan 30 persen lainnya untuk kabupaten/kota. Sementara pajak bahan bakar kendaraan bermotor sebanyak 30 persen untuk provinsi, sedang sisanya yang 70 persen menjadi bagian kabupaen/ kota,” katanya.

Dijelaskan pula bahwa fungsi pajak sangat dalam peningkatan pembangunan daerah. Sehingga penerimaan pajak daerah bisa dimaksimalkan dengan cara intensifikasi ataupun ekstensifikasi dengan menggali potensi pajak daerah dengan memperluas jenis pajak tanpa mengendorkan semangat investor menanamkan modalnya di daerah.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penerimaan pajak adalah dengan melakukan intensifikasi dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat wajib pajak, khususnya yang terkait dengan penerimaan pajak daerah yang merupakan wewenang pemerintah provinsi.

Strategi ini penting karena sosialisasi merupakan bentuk upaya menanamkan kesadaran kepada masyarakat betapa pajak sebagai instrument pendanaan dalam pelaksanaan pembangunan daerah yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

“Jangan merasa bosan memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pajak, karena hasil pajak dapat meningkatkan pembangunan di semua sektor,” katanya. ( Mudassir/Muh Sain)

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Pajak | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

31 - Oct – 2014 - Admin1

Sambut Kedatangan Wapres RI, Pampres Efektifkan Pengaman Digedung Menara Bosowa

29 - Jan – 2015 - Admin1

CSR Semen Tonasa Gelontorkan Bantuan Modal UKM Sebesar Rp 13,1 Milyar 2014

4 - Sep – 2016 - Admin1

Berita Foto : Perkebunan Buah Naga Jadi Primadona Warga Desa Alesipitto Mar’ang Pangkep

23 - Nov – 2016 - Admin1

Polisi Saling Lempar Tanggung Jawab Penanganan Kerugian Korban

10 - Feb – 2015 - Admin1

Wapres Jusuf Kalla Akan Melayat Almarhum Mantan Gubernur Sulsel

Tulisan Terkait

2 - Feb – 2017 - Admin1

Waduh, Pelayanan Di Kelurahan Bonto Kio Dan Kecamatan Minasa Tene’ Dikecewakan Warga

27 - Feb – 2013 - Admin1

Ditahan Polisi, Bos Pena Mas Jatuh Sakit

22 - Nov – 2014 - Admin1

Program CSR Bank BRI Bantu Pembangunan Renovasi Masjid Almarkaz di Makassar Rp. 1,5 Milyar

6 - Feb – 2013 - Admin1

Pemkot Makassar Peringati Maulid

3 - Sep – 2015 - Admin1

2015, Semen Tonasa Berangkatkan 34 Orang JCH

View Desktop Version
by Mobile Domain