Ratusan Kendaraan Diproyek PT Vale Tidak Diregistrasi Pihak Kepolisian Diduga Rugikan Pajak Daerah Sampai Rp 16 Milliar

Ratusan Kendaraan Diproyek PT Vale  Tidak Diregistrasi Pihak Kepolisian Diduga Rugikan Pajak Daerah Sampai Rp 16 Milliar

Humas PT. Vale : Saat Ini Sementara Dalam Proses Berkas

Makassar, Beritakota Online-Pacsa terkuaknya seratus lebih mobil milik PT. Vale yang sudah beroperasional beberapa tahun, tanpa identitas.

Artinya, mobil yang sebahagian besar mobil mewah itu, identitasnya tak jelas (abu-abu) dan tak pernah diregistrasi pihak kepolisian, terlebih lagi tidak pernah berproses pembayaran pajak Biaya Balik Nama (BBN) I mapun Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tiap tahun.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, mobil milik perusahaan tambang yang dulunya bernama PT. Inco tersebut, menciptakan dugaan kerugian daerah Provinsi Sulsel sekitar Rp.16 Miliar.

Menanggapi ketimpangan ini, sejumlah penggiat anti korupsipun kembali mempertanyakan prihal proses awal masuknya kendaraan bermotor (ranmor) mobil mewah yang notabenenya faktur kendaraan beralamat Kota Makassar.

“Permasalahan yang membuat terjadinya kerugian daerah ini, tak bisa ditolerir. Semestinya institusi terkait tanggap dengan permasalahan tersebut dan cepat mengambil tindakan,” ucap Arul, Ketua Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP), Kota Makassar, saat dimintai tanggapan, Kamis (7/10).

Menurutnya, jika hal ini dibiarkan berlarut larut, maka terkesan terjadi diskriminasi dan perusahaan raksasa seenaknya mengoperasionalkan kendaraan mereka tanpa peduli pajak.

“Kami sangat menyayangkan institusi terkait yang selama ini melakukan pembiaran terhadap pelanggaran yang terjadi. Pada hal, jika rakyat kecil yang tak melengkapi surat ranmor mereka, akan terjerat dengan berbagai bentuk aturan maupun hukum yang berlaku,” tegas aktivis yang juga putra kelahiran Tanah Luwu ini.

Oleh sebab itu, sangat diharapkan instansi terkait, seperti Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulsel, kepolisian, PT. Vale dan perwakilan rakyat duduk bersama dalam forum resmi membahas permasalahan ini, agar Daerah Sulsel bisa kembali mendapatkan hak pajak yang selama ini tak jelas.

Terkait dengan dugaan seratus lebih unit kendaraan bermotor (ranmor) roda empat yang tal mengantongi izin operasional dari kepolisian (tanpa STNK dan BPKB), dan tanpa melalui proses pembayaran pajak Bea Balik Nama (BBN1) di Kantor Samsat Makassar, manajemen PT. Vale mengaku saat ini sudah melakukan proses berkas ranmor tersebut.

Humas PT. Vale, Bayu Aji, dalam keteranganannya via telepon selularnya, Jumat (7/10), mengaku, bahwa tak berprosesnya kendaraan yang dimaksud karena saat ranmor diimpor, aturannya masih dalam kontrak karya.

“Pada saat mobil masuk, aturan yang diberlakukan kontrak karya hanya dioperasionalkan di lingkup internal perusahaan ini yang sebelumnya bernama PT. Inco,” ucap Bayu Aji.

Dijelaskan, bahwa setelah ada aturan baru yang mewajibkan dilakukannya registrasi dan identifikasi serta pemberlakuan pajak BBN 1, PT. Vale sudah melakukan proses pengurusan berkas sesuai dengan aturan tersebut.

“Kami tetap akan menjalankan kewajiban seperti yang sudah diatur dalam aturan yang berlaku. Saat ini pihak PT. Vale tengah melakukan proses berkas,” jelas Humas PT. Vale.( Muh Syahrul)

Editor : Zulkifli/Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Pajak | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

9 - Aug – 2016 - Admin1

Kanwil Kemenag : Alhamdulillah Pesawat Garuda GA 1101 Terbangkan 450 CJH Kloter I

8 - Jul – 2013 - Admin1

Ujian Calon Siswa Al Ashar, Aroepala Macet.

28 - Nov – 2015 - Admin1

Walikota Makassar Bagi Ilmu Lemhanas Didepan LDII Sulsel

30 - May – 2013 - Admin1

Camat Manggala Silaturahmi Ketua RT/RW Se Kelurahan Borong

8 - Oct – 2013 - Admin1

Berita Foto : Kabag Reskrim Mabes Polri Dan Ketua KPK Jumpa Pers di Makassar

Tulisan Terkait

31 - May – 2014 - Admin1

Perbaiki Kualitas Perlindungan Anak, Gelar Media Gathering

7 - Apr – 2015 - Admin1

Dana Bos Jangan Dikelolah Seperti ManajemenTukang Sate

16 - Jan – 2014 - Admin1

Kemensos Berikan Bantuan Korban Banjir Bandang Menado Siapkan Rp 3,1 Miliar Penanganan Pasca Bencana

2 - Nov – 2015 - Admin1

Delapan Belas Puskesmas Pelatihan BTCLS Brigade Siaga Bencana di Jeneponto

6 - Aug – 2014 - Admin1

Berita Foto : Warga Manggala Korban Kena Busur Kelompok Orang Tidak Dikenal

Tulisan Terkait

15 - Sep – 2013 - Admin1

Polisi Ciduk Dua Gembong Curnak di Maros

25 - Aug – 2014 - Admin1

Tak Ada Lagi Surplus Beras di Pangkep, Petani Alami Kerugian

27 - Apr – 2015 - Admin1

Kapolres Pangkep : Minta Anggota Jaga Dan Selamatkan Lingkungan

24 - May – 2016 - Admin1

Aksi Demo PMII Makassar, Minta Wakasat Reskrim Polrestabes Dicopot

5 - Dec – 2012 - Admin1

Puluhan Nasabah Datangi Kantor Solid Gold di Makassar