Ratusan Kendaraan Diproyek PT Vale Tidak Diregistrasi Pihak Kepolisian Diduga Rugikan Pajak Daerah Sampai Rp 16 Milliar

Ratusan Kendaraan Diproyek PT Vale  Tidak Diregistrasi Pihak Kepolisian Diduga Rugikan Pajak Daerah Sampai Rp 16 Milliar

Humas PT. Vale : Saat Ini Sementara Dalam Proses Berkas

Makassar, Beritakota Online-Pacsa terkuaknya seratus lebih mobil milik PT. Vale yang sudah beroperasional beberapa tahun, tanpa identitas.

Artinya, mobil yang sebahagian besar mobil mewah itu, identitasnya tak jelas (abu-abu) dan tak pernah diregistrasi pihak kepolisian, terlebih lagi tidak pernah berproses pembayaran pajak Biaya Balik Nama (BBN) I mapun Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tiap tahun.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, mobil milik perusahaan tambang yang dulunya bernama PT. Inco tersebut, menciptakan dugaan kerugian daerah Provinsi Sulsel sekitar Rp.16 Miliar.

Menanggapi ketimpangan ini, sejumlah penggiat anti korupsipun kembali mempertanyakan prihal proses awal masuknya kendaraan bermotor (ranmor) mobil mewah yang notabenenya faktur kendaraan beralamat Kota Makassar.

“Permasalahan yang membuat terjadinya kerugian daerah ini, tak bisa ditolerir. Semestinya institusi terkait tanggap dengan permasalahan tersebut dan cepat mengambil tindakan,” ucap Arul, Ketua Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP), Kota Makassar, saat dimintai tanggapan, Kamis (7/10).

Menurutnya, jika hal ini dibiarkan berlarut larut, maka terkesan terjadi diskriminasi dan perusahaan raksasa seenaknya mengoperasionalkan kendaraan mereka tanpa peduli pajak.

“Kami sangat menyayangkan institusi terkait yang selama ini melakukan pembiaran terhadap pelanggaran yang terjadi. Pada hal, jika rakyat kecil yang tak melengkapi surat ranmor mereka, akan terjerat dengan berbagai bentuk aturan maupun hukum yang berlaku,” tegas aktivis yang juga putra kelahiran Tanah Luwu ini.

Oleh sebab itu, sangat diharapkan instansi terkait, seperti Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulsel, kepolisian, PT. Vale dan perwakilan rakyat duduk bersama dalam forum resmi membahas permasalahan ini, agar Daerah Sulsel bisa kembali mendapatkan hak pajak yang selama ini tak jelas.

Terkait dengan dugaan seratus lebih unit kendaraan bermotor (ranmor) roda empat yang tal mengantongi izin operasional dari kepolisian (tanpa STNK dan BPKB), dan tanpa melalui proses pembayaran pajak Bea Balik Nama (BBN1) di Kantor Samsat Makassar, manajemen PT. Vale mengaku saat ini sudah melakukan proses berkas ranmor tersebut.

Humas PT. Vale, Bayu Aji, dalam keteranganannya via telepon selularnya, Jumat (7/10), mengaku, bahwa tak berprosesnya kendaraan yang dimaksud karena saat ranmor diimpor, aturannya masih dalam kontrak karya.

“Pada saat mobil masuk, aturan yang diberlakukan kontrak karya hanya dioperasionalkan di lingkup internal perusahaan ini yang sebelumnya bernama PT. Inco,” ucap Bayu Aji.

Dijelaskan, bahwa setelah ada aturan baru yang mewajibkan dilakukannya registrasi dan identifikasi serta pemberlakuan pajak BBN 1, PT. Vale sudah melakukan proses pengurusan berkas sesuai dengan aturan tersebut.

“Kami tetap akan menjalankan kewajiban seperti yang sudah diatur dalam aturan yang berlaku. Saat ini pihak PT. Vale tengah melakukan proses berkas,” jelas Humas PT. Vale.( Muh Syahrul)

Editor : Zulkifli/Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Pajak | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

9 - Aug – 2016 - Admin1

Kapolda Tantang Unismuh Gelar KKN Kantibmas

4 - Mar – 2016 - Admin1

Operasi Simpatik di Polres Maros, Optimalisasi Penerapan Kawasan Tertib Berlalu Lintas

8 - Nov – 2015 - Admin1

Lovely Toraja 2015 Ajang Pameran Kebudayaan Tana Toraja

13 - Oct – 2016 - Admin1

KPPU Tingkatkan Penanganan Kasus Telkom IndiHome ke Tahap Pemeriksaan

2 - Jul – 2012 - Admin1

Pasca Final Piala Eropa, Kantor DPRD Kota Makassar Sepih

Tulisan Terkait

5 - Oct – 2016 - Admin1

Resmi Berumur Satu Tahun, GO-BOX Ekspansi ke Enam Kota Baru

1 - Jan – 2016 - Admin1

TKBM Se Indonesia Mendukung Menteri Perhubungan ” Ignasius Jonan “

30 - Apr – 2016 - Admin1

Mahasiswa Universitas Sawerigading Kunjungi Pabrik Gula Takalar

7 - Dec – 2016 - Admin1

Inilah ” Jeritan Hati ” Warga di Seputaran Pabrik Semen Tonasa

22 - Jan – 2017 - Admin1

Kunker Wapres JK di Toraja Didampingi Tiga Bupati

Tulisan Terkait

11 - Jan – 2013 - Admin1

Tiga Paslon Sepakat Pemilukada di Sulsel Aman Dan Damai

30 - May – 2012 - Admin1

Komisi C Akan Panggil Pengelolah Rumah Sakit di Makassar

10 - Sep – 2016 - Admin1

Komjen Syafruddin Putra Sulsel Yang Kedua Jadi Wakapolri

10 - Jul – 2013 - Admin1

Parkir Kendaraan Dibahu Jalan Akan Ditindak Tegas

1 - Feb – 2017 - Admin1

Pasar Tinanggea Yang Telan Dana Rp 10 Milyar, Sekarang Terkesan Jorok Dan Tidak Mendapat Perhatian Pemerintah