Waduh, Ratusan Kendaraan Milik PT Vale Beroperasi Diareal Tambang di Lutim Diduga Belum Didaftar Di Samsat Makassar Rugikan Pajak Daerah Senilai Milyaran Rupiah

Waduh, Ratusan Kendaraan Milik PT Vale Beroperasi Diareal Tambang di Lutim Diduga Belum Didaftar Di Samsat Makassar Rugikan Pajak Daerah Senilai Milyaran Rupiah

Sejumlah Aktifis di Makassar Minta Instansi Terkait Usut Keberadaan Kendaraan Tersebut.

Makassar, Beritakota Online -Perusahaan Tambang terbesar yang berpusat di Kabupaten Luwu Timur (Lutim), PT. Vale, dikabarkan miliki seratus lebih kendaraan bermotor (ranmor) roda empat (mobil) beralamat Makassar sesuai faktur kendaraan, diduga belum terdaftar di Kantor Samsat Makassar.

Tentunya keberadaan mobil yang semua masuk dalam klasifikasi kelas mewah, dan ini sudah merugikan pendapatan pajak daerah Provinsi Sulsel senilai belasan miliar rupiah.

Hal itupun dibenarkan sejumlah sumber yang mengetahui persis adanya tunggakan pajak ranmor PT. Vale yang sebelumnya bernama PT. Inco, yang hingga saat ini belum terbayarkan di Samsat Makassar.

Sementara ratusan mobil milik PT. Vale ini beroperasional di kawasan tambang milik perusahaan besar ini di Malili, Kabupaten Luwu Timur sekitar 8 tahun.

Selain tak pernah membayar Bea Balik Nama (BBN) 1, seluruh kendaraan tak teregistrasi ini mengabaikan pajak tahunan kendaraan itu.

Menanggapi permasalahan yang tentunya merugikan daerah belasan miliar rupiah ini, sejumlah aktivispun meradang dan menganggap adanya ketidak pedulian PT. Vale tersebut perlu diusut oleh aparat kepolisian dan pihak Dipenda Sulsel.

“Nilai yang cukup fantastik dari kesengajaan yang dilakukan untuk tidak taat membvayar pajak ranmor, merupakan sebuah pelanggaran yang tak bisa ditolerir,” ucap Direktur Konsorsium Pemerhati Kebijakan Publik (KOPEK) Sulsel, Uchu M, Jumat (30/9) kepada Wartawan di Makassar.

Disisi lain menurut Ketua Satuan Pelajar Mahasiswa Pemuda Panca Sila (Sapma PP), Arul, mengharapkan  institusi terkait diharap bisa menyelamatkan kerugian negara yang sudah 9 tahun terabaikan.

Sejumlah aktivis di Kota ini mengaku, dalam waktu dekat akan melakukan aksi unjukrasa meminta perusahaan ini untuk segera melakukan pemvayaran pajak ranmor yang selama ini hanya di abaikan.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Sulsel, Tautoto TR yang dihubungi via telepon selularnya, mengaku jika pihak PT. Vale memiliki sejumah kendaraan yang beralamat Makassar yang belum didaftar.

“Masalah ini sudah kami bicarakan sekitar satu tahun dengan pihak kepolisian,” ucap Kadispenda melalui pesan singkatnya. ( Umat/ Mudassir)

Editor : Zulkifli/Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Ekobis, Pajak | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

24 - Jul – 2014 - Admin1

Pertamina MOR VII Sulawesi Siap Amankan Pasokan BBM Selama Lebaran

17 - May – 2012 - Admin1

Sudah 35 Kantung Jenazah Korban Sukhoi di RS Polri

29 - Jan – 2016 - Admin1

Ketua PKPI Pangkep : Perputaran Ekonomi Desa Nyaris “Terpuruk”

12 - Apr – 2016 - Admin1

Operasi Bersinar, Polres Wajo Bekuk Warga Lajope Diduga Bandar Narkoba

26 - Sep – 2013 - Admin1

Berita Foto : Syukuran Ditlantas Polda Sulselbar HUT 58 di Makassar

Tulisan Terkait

5 - Nov – 2015 - Admin1

Lagi, Polisi Ringkus Empat Pemuda di Makassar Saat Pesta Narkoba Diwarnet

21 - Jul – 2015 - Admin1

Komiten H. Sangkala Taepe Bangun Pangkep Dan Sejahterakan Rakyat

8 - Mar – 2016 - Admin1

Kunker Di Polres Bulukumba, Tokoh Masyarakat Suku Kajang Temui Kapolda Berikan Aspresiasi Sukses Jaga Kamtibmas Sulselbar

19 - Mar – 2016 - Admin1

Bupati Jeneponto : Kita Harus Bangun Jeneponto Dari Desa Ke Desa Untuk Kejar Ketinggalan

15 - Nov – 2015 - Admin1

2016, Program Penataan Lorong di Makassar Dialokasikan Anggaran Rp 130 Miliar

Tulisan Terkait

11 - Jul – 2017 - Admin1

Halo, Kantor Bulog Sub Divreg Sidrap ” Sepi ” Tidak Ada Kegiatan

18 - Apr – 2014 - Admin1

Dinas Perizinan Tebing Tinggi Sediakan Tempat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan

25 - Jun – 2015 - Admin1

Lagi, Sijago Merah Mengamuk di Pampang Makassar, Enam Orang Tewas

24 - Apr – 2015 - Admin1

Lagi, Densus 88 Ciduk Uztasd Basri di Makassar

17 - Jun – 2014 - Admin1

Hari ini Massa Pendukung Prabowo-Hatta Padati Stadion Andi Mattalla