HUT RI Ke 71, 581 Narapidana Dapat Remisi, 8 Orang Yang Bebas Di Lapas Klas I Makassar

HUT RI Ke 71, 581 Narapidana Dapat Remisi, 8 Orang Yang Bebas Di Lapas Klas I Makassar

Makassar, Beritakota Online-Sebanyak 1.027 orang narpidana penghuni sel tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas I Makassar, antusias dalam memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71, yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Dari 1.027 narapidana di Lapas klas I Makassar, yang antara lain terdiri dari 4 orang pidana mati, 14 orang pidana seumur hidup, 110 orang pidana anak, 153 orang pidana Tipikor dan 5 orang pidana terorisme.

Sedangkan 581 orang narapidana yang mendapatkan pemotongan masa penahanan (Remisi), berdasarkan surat keputusan dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Adapun narapidana yang dinyatakan bebas dari masa hukuman pidananya, ada 8 0rang narapidana.

Kepala Lembaga Pemsyarakatan (LP) Klas 1 Makassar, Marasidin Siregar, membenarkan bahwa ada 8 orang narapidana yang dinyatakan bebas secara bersyarat, setelah mendapatkan remisi dan telah menjalani masa hukumannya di dalam Lapas klas I Makassar.

Delapan orang narapidana yang dibebaskan dari Lapas klas I Makassar, kata Marasidin adalah merupakan narapidana, kasus Pidana Umum (Pidum). “Narapidana yang langsung bebas hari ini, ada 8 orang setelah mendapatkan remisi,” ujar Marasidin, Rabu (17/8/2016).

Marasidin menyebutkan kedelapan narapidana yang dibebaskan hari ini masing-masing, 5 orang narapidana kasus pencurian, 1 orang kasus penganiayaan dan 2 orang narapidana kasus pembunuhan. Untuk narapidana yang mendapatkan remisi pada momen hari kemerdekaan RI ini, tentuanya adalah narapidana yang telah memenuhi syarat seperti narapidana yang telah menjalani setengah dari masa hukumannya.

Berperilaku baik, sopan, karena didasari perubahan dan sikap narapidana sendiri selama menjadi warga binaan di Lapas Makassar. “Inilah yang merupakan syarat serta alasan kita mengajukan untuk diberikan remisi,” tandasnya.

Adapun kata dia, bagi narapidana yang tidak mendapatkan remisi hari ini, tentulah, dikarenkan narapidana tersebut dianggap belum memenuhi untuk mendapatkan remisi.

Editor : Andi A Effendy
Sumber : Lip8


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Hukum dan Kriminal | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

15 - Mar – 2016 - Admin1

Operasi Simpatik Polres Maros “GEBRAK” Warga di Polsek Lau

1 - Oct – 2012 - Admin1

Bupati dan Wakil Bupati Ikut Demo Semen Tonasa

10 - May – 2016 - Admin1

Pelayanan Samsat Pare Pare Disorot Aktivis KAM di Makassar

19 - Oct – 2015 - Admin1

Koalisi Aktivis Makassar ” Warning ” Kapolda dan Kajati Sulselbar Lidik Dugaan Korupsi DAK 2012 di Selayar

12 - Feb – 2016 - Admin1

Syamsul Bachri: Berharap “Lancar dan Sukses” Konferensi PKPI Sulsel

View Desktop Version
by Mobile Domain