Dr Nurlina Zubair M.Si : Sulsel Urutan Keenam Prevalensia Kanker Secara Nasional

Dr Nurlina Zubair M.Si :  Sulsel Urutan Keenam  Prevalensia Kanker Secara Nasional

Makassar, Beritakota Online-Komuitas peduli kanker yang bergabung dalam wadah Makassar Cancer Care Community (MC3), kembali menggelar sosialisasi.

Tema sosialisasi adalah  Waspada Pada Perubahan Payudara Anda, dengan melakukan  SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri), guna  mengetahui gejala kanker payudara, di Aula Kecamatan Tamalanrea. Selasa (9/8/2016).

Tampil selaku nara sumber dalam kegiata sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber dari tim MC3 yakni;  Dr Uswatun Khasana dan Renny Fatmaya. MP, PhD.

Hadir selama sosialisasi itu,  Ketua TP PKK Kecamatan Tamalanrea, Arifah Zainuddin beserta pengurusnya dan PKK Kelurahan serta Kader Posyandu Kecamatan Tamalanrea.

Ditemui Rabu, (10/8/2016) Ketua MC3, Dr Hj Nurlina Subair M.Si,  mengatakan gejala kanker payudara harus dapat tersosialisasi secara  baik sehingga kasus-kasus  kanker di masyarakat  Sulawesi Selatan dapat diminimalisasi tegasnya.

“Data laporan bulanan PTM, prevalensia kanker per 1000 (menurut provinsi) Sulawesi Selatan berada pada urutan ke enam setelah Jogya, Jateng, Bali, DKI dan Bengkulu ( sumber Riskesdes 2013).

Sedangkan kanker di kab dan kota di Sulsel 2013, Makassar menempati urutan pertama kemudian Enrekang, Pare2 , Gowa, Selayar, Wajo, dan Sidrap, ungkap doktor sosiologi PPs-UNM ini.

Faktor harus di perhatikan mengatasi gejala kanker berkelanjutan: penderita tidak paham tetang gejala kanker payudara dara; kurang memperhatikan payudara; takut dengan operasi; percaya pada obat tradifional/dukun/ paranormal dan  faktor ekonomi  serta rasa malu karen payudara adalah lambang kewanitaan, tandas Dosen Dipekerjakan Kopertis di FKIP Unismuh Makassar ini. (yahya)

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Kampus | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

4 - May – 2016 - Admin1

Pelayanan Publik Diwilayah Polda Sulselbar Bebas Calo Dan Pungli, Ini Nomor Hotline 081242680000

2 - Sep – 2016 - Admin1

Gara-gara Tetapkan Tiga Janda Tersangka, Penyidik Polres Maros Didemo Amara Minta Kapolda Copot

4 - Jun – 2014 - Admin1

Jenderal Puisi Sulsel, Udhin Palisuri Dimakamkan Diperkuburan Paropo

31 - May – 2015 - Admin1

Pertanyakan Proses Hukum AKBP DR. Baharuddin, Mahasiswa UIT Menggugat Di Mapolda Sulselbar

12 - Apr – 2016 - Admin1

Berita Foto : Kapolres Luwu Bersama Bupati Serahkan Piagam Penghargaan Juara Lomba Polisi Cilik Dan Safety Reading

View Desktop Version
by Mobile Domain