Empat Anggota Polisi Terjaring OTT Polda Sulsel, Ada Petugas Samsat Takalar Terlibat Pungli

Empat Anggota Polisi Terjaring OTT  Polda Sulsel, Ada Petugas Samsat Takalar Terlibat Pungli

Makassar, Beritakota Online-Irwasda dan Kabid Propam Polda Sulsel melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), terhadap empat orang oknum polisi, saat melakukan pungutan Liar (Pungli) di tiga lokasi berbeda. Penangkapan tersebut dilakukan sebagai upaya Polda Sulsel dalam menindak tegas terhadap Polisi nakal yang melakukan kejahatan di Internal Polda Sulsel.

Tiga oknum polisi tertangkap tangan pungli di daerah Kupa perbatasan Kabupaten Barru dan Parepare, Selasa (26/7/16) sekitar pukul 05.00 wita subuh. Masing-masing adalah berinisial Brigadir Polisi YK, Brigadir Polisi MA dan Brigadir Polisi TA. Sedang satu oknum polisi lainnya tertangkap tangan pungli di Samsat Takalar.

“Sedangkan oknum polisi yang tertangkap di Samsat Takalar itu berinisial Aiptu NR. NR ini menyalahgunakan wewenang dan jabatannya sebagai petugas atau anggota Samsat. Bersangkutan mengurus administrasi di Samsat yang mengambil uang masyarakat,” tegas Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Rabu (27/7/2016).

Barung menuturukan, tiga oknum anggota Satlantas Polres Barru itu saat ini sementara diperiksa di Propam Polda Sulsel. Oknum itu melakukan pungutan liar terhadap mobil yang melintas di daerah itu. Baik pengangkut hasil bumi, ternak maupun penumpang umum.

“Adapun barang bukti yang disita dari oknum Satlantas Polres Barru itu berupa uang pecahan Rp 5.000 hingga pecahan Rp 100.000. Turut pula disita barang bukti dari oknum Samsat Takalar itu berupa beberapa pecahan uang kertas. Sekerang masih dihitung jumlahnya semua, ” tuturnya.

Barung menimpali, oknum polisi yang tertangkap tangan pungli itu memang merupakan tindak lanjut atas keluhan masyarakat. Dimana masyarakat masih banyak keluhkan adanya pungli di lapangan.

Adapun keluhan masyarakat paling terbanyak masuk yakni yang dilakukan oknum anggota Polres Barru. Oknum polisi di wilayah itu banyak dikeluhkan oleh masyarakat karena ulahnya. Dimana mereka kerap pungli terhadap masyarakat.

Menurut Barung, jika dilihat tindakan oknum di Polres Barru itu seakan-akan Kapolresnya melakukan pembiayaran terhadap anggotanya. Padahal, selaku pimpinan seharusnya memberikan pemahaman yang baik terhadap bawahan agar tidak melakukan tindakan yang merugikan.

“Ini merupakan perintah langsung yang dilakukan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Anton Carliyan. Perintah Kapolda juga perintah untuk dilakukan pemeriksaan. Kalau terbukti akan dipecat, ” tegas Barung.

Lanjut Barung menjelaskan, tindakan yang dilakukan pimpinan kepolsian Sulsel ini merupakan untuk pembersihan internal dari KKN dan Pungli. Bagaimana kepolisian bisa memberikan pelayan maksimal dan tidak membebankan biaya bagi masyarakat.

“Tapi setelah dilakukan operasi, ada yang ditemukan anggota melakukan tindakan tidak terpuji itu. Sehingga jika terbukti maka tindakan tegas menanti oknum tersebut, ” jelasnya.

Mengenai tiga anggota Polres Barru yang tertangkap tangan pungli, AKBP Minarto selaku pimpinan kepolisian di wilayan itu mengaku belum mengatahuinya. Meskipun kata dia jika anggota terbukti, pihaknya menyerahkan sepenuhnya oleh Polda Sulsel.

“Kalau pun ada dan terbukti kami serahkan ke Polda. Karena Polda yang menyelidikinya. Faktanya bagaimana saya juga belum tau. Kalau pun ada pelanggaan harus diproses sesuai hukum yang berlaku, ” kata Minarto.

Editor : Andi A Effendy
Sumber : Liputan 8


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Hukum dan Kriminal | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

19 - Jun – 2013 - Admin1

Mohammad Ridwan Jabat Kapolres Majene

21 - May – 2014 - Admin1

Lagi, Lurah di Makassar Tertangkap Polisi Simpan Paket Sabu

22 - Apr – 2017 - Admin1

M. Dahlan : Ujian SMP Negeri I Bungoro Berjalan Lancar

21 - Aug – 2015 - Admin1

Irsan Nur Bacakan Laporan Pertanggung Jawaban di KLB PKPI

26 - Aug – 2012 - Admin1

300 Anggota Laskar Ilham Aziz Dilantik di Gowa

Tulisan Terkait

25 - Jul – 2016 - Admin1

Berita Foto : Wapres RI Jusuf Kalla Dijemput Gubernur Sulsel, Pangdam VII Wirabuana Dan Kapolda Sulsel

22 - Mar – 2016 - Admin1

Alhamdulillah, SMKN 1 Bungoro Pangkep Raih Penghargaan Asean Education Award 2016

13 - Jan – 2016 - Admin1

Video : Kabid Humas Polda Sulselbar Hibur TNI HUT Ke 65 Penerangan TNI AD di Makassar

16 - Dec – 2016 - Admin1

Waduh, Oknum Guru di Kubu Raya Nyambi Jual Narkoba

15 - Feb – 2013 - Admin1

Walikota : Teror Bom di Gereja Tindakan Kriminal

View Desktop Version
by Mobile Domain