ILO Jakarta Adakan Pelatihan Jurnalisme Warga Untuk PRT

ILO Jakarta Adakan Pelatihan Jurnalisme Warga Untuk PRT

Makassar, Beritakota Online-International Labour Organization (ILO) Jakarta melaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalisme Warga di hotel Continent Centrepoint Panakukang, Jalan Adhyaksa Baru No.15 Makassar pada Selasa, (26/7/2016).

Pelatihan ini adalah rangkaian dari kegiatan proyek PROMOTE yang saat ini dilaksankan ILO bekerja sama dengan mitra di Jakarta dan tingkat Provinsi yang mengusung isu kunci “Kerja Layak untuk pekerja rumah tangga (PRT) dan penghasilan pekerja rumah tangga anak”.

Kegiatan ini di hadiri lima belas orang dari perwakilan Forum Pemerhati Masalah Perempuan (FPMP) SULSEL, Koalisi Aksi Perlindungan Pekerja Rumah Tangga dan Buruh Migran (KAPPRTBM) SULSEL, dan Lembaga perlindungan anak (LPA) SULSEL. Dengan tujuan meningkatkan kapasitas mitra dalam menggunakan sarana jurnalisme warga untuk mengkampanyekan isu kerja layak pekerja rumah tangga dan penghapusan PRT Anak.

Luviana Narasumber kegiatan ini, Jurnalis senior  yang dulunya aktif di Metro TV mengatakan, “Dulunya sumber berita sangatlah sakral dan hanya dimiliki pemerintah, tetapi sekarang semua orang bebas jadi narasumber, semua orang bebas membuat berita, karena media yang terbuka bebas buat siapa pun. Namun harus ada beberapa prinsip yang mesti dipegang teguh secara konsisten  yakni kejujuran, independensi dan transparansi, ” Jelasnya .

Ia menambahkan mengenai perubahan teknologi yang sangat besar kepada para peserta jurnalisme warga bahwa, “Perubahan teknologi tentunya membawa perubahan besar dalam mengakses informasi karena masyarakat  khususnya PRT tidak hanya menjadi penikmat informasi dari media-media cetak, elektronik, atau pun online, melainkan menjadi sumber informasi, Dan itu bisa di lihat dari tulisan-tulisan yang mereka buat.”

Dalam pelatihan Jurnalisme warga ini, para peserta ditegaskan agar tidak asal dalam membuat berita, tapi  harus berdasarkan unsur  5W+1H, sehingga tidak memunculkan pro dan kontra bagi pembacanya.

Muhammad Nour (capacity building officer ILO-Jakarta) berharap setelah ini para PRT bisa menulis baik berupa artikel atau berita sesuai yang di lihat atau dialami sendiri.

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Daerah | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

28 - Feb – 2013 - Admin1

Ingin Nopol Genap, Dialer Minta Uang Rp.500 Ribu

29 - Nov – 2016 - Admin1

Muh Yusran : Perlunya Menata Irigasi Yang Lebih Baik

29 - Sep – 2016 - Admin1

Woow, Lima Pelaku Narkoba Diduga Dilepas Reskrim Polsek Bontoala ” Dibarter ” Uang Rp 13 Juta

25 - Nov – 2014 - Admin1

Sosok Pamong Praja Muh Rivai Dolo Terus Mengalir Dukungan Masyarakat Pangkep

6 - Mar – 2015 - Admin1

Kabid PLS Jeneponto Kunker Kober Tomboloka

View Desktop Version
by Mobile Domain