Sekilas Pandang “Tempat Pelaksanaan Jumbara Ke-VIII 2016”

Sekilas Pandang “Tempat Pelaksanaan Jumbara Ke-VIII 2016”

Pangkep, Beritakotaonline, Tempat pelaksanaan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) ke-VIII 2016, telah di pusatkan di Tonasa I Kecamatan Balocci, salah satu tempat, yang merupakan kompleks lokasi eks perumahan, kantor dan  pabrik Semen Tonasa, dengan luas lahan yang menghampiri 10 hektar, lokasi ini telah di tinggalkan banyak asset PT Semen Tonasa, termasuk kantor.

Lokasi ini di apik oleh gunung berdiri menghijauh, suasananya memang sangat sejuk, apalagi jauh dari kota Pangkep, sekitar 10 km, sementara dari  kota Makassar sekitar 50 km. Dalam perjalanan menuju lokasi Jumbara, telah terlihat sawah dari sisi kanan dan kiri, juga menghijau, bahkan sudah ada yang menunduk, siap untuk di panen.

Selain itu, lapangan sepak bola PT Semen Tonasa, juga lapangan golf berada di kompleks ini, tempat pelaksanaan Jumbara, kemudian di sisi lain, juga berdiri masjid yang  cukup besar di dalam kompleks ini, membuat para tamu dari berbagai Provinsi maupun dari perwakilan negara, tentunya merasa terkesima menyaksikan keindahan dan kesejukan tempat pelaksanaan Jumbara.

Belum lagi di sebelah timur tempat pelaksanaan kegiatan Jumbara, juga terdapat taman wisata 1000 tangga, namanya Wisata Sumbang Bita, yang terdapat berbagai macam jenis taman prasejarah diantaranya bekas tangan manusia yang melengket di dinding gua, dan masih banyak jenis taman sejarah lainnya.

Kemudian, di sebelah timurnya lagi, sekitar 7 km dari  lokasi pelaksanaan kegiatan Jumbara, terdapat gunung Bulu Saraung,  salah satu gunung yang tertinggi di Sulawesi-Selatan, dimana di kaki gunung itu, terdapat sebuah  Desa, namanya desa Tompo Bulu, salah satu Desa Wisata yang banyak di kunjungi orang, saat-saat berlibur, semua masih bersifat alami, membuat banyak pencinta alam yang berdatangan ke Desa itu.

Bukan hanya itu, satu km sebelum memasuki Lokasi Jumbara, juga terdapat wisata Leang lonrong, salah satu sumber mata air minum dan mata air irigasi, yang pada setiap musim kemarau, tidak perna habis air, juga masih alami, belum di sentuh dengan garapan proyek, membuat airnya sangat jernih.

Bahkan  mata air Leang Lonrong itu, sumber airnya  dari dalam gunung batu yang membuat airnya sangat jernih, kemdian tidak perna habis, sekalipun itu di musim kemarau panjang, aneh tapi nyata, itulah kekuasaan Tuhan YangMaha Esa.

Selain itu, sebelah barat tempat kegiatan Jumbara, terdapat lokasi wisata, yang terlihat hanya empang dan sawah, tepatnya perbatasan antara Kabupaten Pangkep dengan Kabupaten Maros, namun dalam perjalanan menuju lokasi ini, sunggu luar biasa sejuknya,  dengan tiupan angin yang spoi, karena di sisi kiri terlihat gunung batu yang menghiasi kondisi ini, (terima kasih, sekilas tulisan dari Herman Djide)

Editor : H. Sakkar Rauf


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Daerah | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

5 - Nov – 2015 - Admin1

90 Angggota KAI Sulsel Dilantik di Pengadilan Tinggi Makassar

14 - Mar – 2015 - Admin1

Sadis, Warga Takalar Tewas Dibantai Kelompok Bertopeng di Jeneponto

20 - Feb – 2016 - Admin1

Seminar HIPIIS Sulsel Bakal Datangkan Tiga Menteri

13 - Sep – 2014 - Admin1

Humas Angkasa Pura I : Gunakan Sistem Single Security Check Poin Sukses Amankan Barang Terlarang Masuk Dibandara

3 - May – 2014 - Admin1

Talang Berlapis Kuningan ‘Serpihan Jejak’ Selayar di Masa Lampau

View Desktop Version
by Mobile Domain