20 Ribu Siswa SMP Dan SMA Ikuti Bela Negara di Markas Tentara

20 Ribu Siswa SMP Dan SMA Ikuti Bela Negara di Markas Tentara

Makassar, Beritakota Online-Lebih dari 20 ribu siswa SMP dan SMA/SMK di Kota Makassar mengikuti kegiatan bela negara di tujuh lokasi berbeda, Minggu (24/7/2016).

Tujuh lokasi pelaksanaan bela negara tersebut masing-masing di Yonkav 10 Serbu,Bataliyon Artileri Medan 6, Lapangan Makodam VII Wirabuana, Lapangan Komandann Operasi Angkatan Udara (Koops AU) II, Lapangan Pangkalan Utama Angkatan Laut VI, Lapangan Yon Maharlam VI dan Lapangan Zeni Bangunan dan Tempur.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dalam sambutannya pada pembukaan bela negara di Yonkav 10 Serbu menyampaikan konsep bela negara bagi pelajar Makassar bertujuan untuk membangun karakter generasi muda yang memiliki jiwa nasionalisme, berbudipekerti luhur, dan disiplin, seperti dilansir Liputan 8

Menurut Danny, konsep cinta tanah air dan bangsa harus diperkenalkan kepada generasi muda yang kelak meneruskan cita-cita Proklamasi, mewujudkan negara Indonesia yang berkeadilan, berdaulat, makmur, dan sejahtera.

“Anak-anak kita harus mengenal ideologi negaranya. Harus mencintai bangsa dan negaranya agar mereka menjadi generasi yang kuat memiliki karakter sehingga tak mudah terombang-ambing dalam menghadapi tantangan zaman,” ujarnya.

Menanamkan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara, lanjut Danny, dapat dicapai melalui bela negara yang berlangsung hari ini. Selama sehari pelajar SMP, SMA, dan SMK akan mengikuti materi wawasan Kebangsaan mengenai Pancasila, Wawasan Nusantara, dan pengetahuan akan bahaya radikalisme.

Selama mengikuti bela negara, materi yang diajarkan disesuaikan dengan usia dan kemampuan pelajar dalam menerima materi. Kegiatan fisik yang tidak sesuai dengan usia dan kemampuan pelajar tidak dimasukkan dalam konsep bela negara ini.

Setelah mengikuti bela negara, setiap pelajar diharapkan semakin menyadari tanggung jawab yang diembannya sebagai generasi pelanjut. Mereka bisa menjadi anak-anak yang lebih tekun belajar, disiplin, menghormati dan menghargai orang tua dan sesama.

“Kita juga mengharapkan anak – anak kita menjadi generasi yang siap berkompetisi menghadapi ketatnya persaingan. Sejak sekarang mereka sudah mempersiapkan bekal masa depannya dengan melakukan berbagai kegiatan positif seperti olah raga, berorganisasi, ataupun mengikuti kursus keterampilan berbahasa asing,” tandasnya.

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita TNI, Berita Utama | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

16 - Jan – 2016 - Admin1

Walikota ” Warning ” Lurah Efektikan Pengajian Rutin Tingkat RT/RW Secara Bergilir

19 - Mar – 2015 - Admin1

Waduh, Pasar Kaget Bikin Macet Jl. Hertasning !

16 - Apr – 2015 - Admin1

Lagi, Rembang 10 Telan Korban Dijalan Pettarani, Satpam KFC Tewas

25 - Jan – 2013 - Admin1

Tim Gabungan Disosnaker dan Jamsostek Gelar Sidak Perusahaan

21 - Nov – 2016 - Admin1

Hari Armada 2016, Lantamal IV Gelar Turnamen Golf Bersama

Tulisan Terkait

11 - Jul – 2015 - Admin1

Safari Ramadhan Kontingen Garuda UNIFIL di Lebanon

10 - Nov – 2016 - Admin1

Waduh, 45 TKI Bermasalah Dideportasi Dari Malaysia

2 - Sep – 2016 - Admin1

Bupati Enrekang Buka Festival Sungai Saddang 2016, Kapolres Gagas Jadi Agenda Pariwisata Tahun di Enrekang

25 - Apr – 2015 - Admin1

Prostitusi Tidak Semata Alasan Ekonomi Melainkan Tuntutan Gaya Hidup

14 - Feb – 2014 - Admin1

Juara Klub Bulutangkis Di Indonesia Akan Ramaikan Sirnas Djarum di Makassar

View Desktop Version
by Mobile Domain