Drupa 2016 : Prediksi Produk Kemasan Akan Capai USD 1 Triliun di Tahun 2020

Drupa 2016 : Prediksi Produk Kemasan Akan Capai USD 1 Triliun di Tahun 2020

Jakarta, Beritakota Online– Saat pemeran percetakan dan produk cetak terbesar di dunia diadakan, yakni pameran Drupa yang diselenggarakan di Dusseldor, Jerman pekan lalu, para pakar industri saat panel diskusi menyampaikan pandangan mereka terkait faktor-faktor kunci untuk mendorong pertumbuhan permintaan produk-produk kemasan, dan memprediksikan produk – produk kemasan akan menembus angka 1 triliun Dollar AS dalam penjualan secara global di tahun 2020, namun banyak hal yang harus dilakukan untuk meraih hal ini.

Kemampuan pabrikan percetakan dan kemasan untuk mengikuti kecepatan perubahan permintaan konsumen, baik itu produk kemasan pesanan khusus yang bersifat personal dan dicetak secara digital, atau permintaan untuk produk mewah dan bahan-bahan yang berkelanjutan merupakan faktor kunci kesuksesan industri ini.

Direktur Asia Pulp & Paper (APP) Eropa, Liz Wilks mengungkapkan, “Pertumbuhan produk dari bahan kertas dipengaruhi oleh sejumlah faktor, mulai dari tampilan, hingga kesesuaian untuk berbagai teknik cetak, serta tetap memperhatikan faktor keberlanjutannya.”

“Kita bisa melihat akan ada lebih dari 9 miliar konsumen di planet ini pada tahun 2050 dan akan lebih banyak orang yang akan hidup di perkotaan. Hal ini akan menyebabkan permintaan lebih banyak untuk jasa makanan dan juga kemasan makanan untuk dibungkus,”

Semua panelis setuju bahwa pasar produk mewah akan menjadi kontributor utama dalam pertumbuhan produk kemasan, diperkirakan pertumbuhan ini mencapai 19% secara nilai di tahun 2019, dan menciptakan nilai pasar sebesar 17,7 miliar Dollar AS.

Pertumbuhan sepanjang Asia Pasifik dan Amerika Tengah & Selatan diperkirakan mencapai 6% dan 9% per tahun seiring dengan pertumbuhan generasi konsumen baru yang memulai mengakses produk-produk kemasan yang mewah, sementara pasar yang mapan di Eropa Barat dan Amerika Utara juga akan meningkat sebesar 3% per tahun, sebagian besar dipengaruhi oleh sektor produk kemasan pesanan khusus yang dipersonalisasi seperti pasar minuman beralkohol.

 Sebelumnya APP Sinar Mas sebagai produsen kertas dari Indonesia juga terlibat di pameran Drupa ini, yang digelar 31 Mei sampai dengan 10 Juni 2016 lalu. Dimana ajang 4 tahunan pada tahun ini diikuti lebih dari 1.800 peserta pameran dari 54 negara dan fokus dalam teknologi terbaru percetakan, produk kemasan, multi channel, percetakan tiga dimensi, percetakan fungsional dan teknologi percetakan ramah lingkungan.

“Sebagai perusahaan Indonesia berkelas dunia, APP sangat bangga bisa ambil bagian dalam salah satu eksibisi terbesar di dunia ini.” Ungkap Djohan Gunawan, Chief Commercial Officer APP.

Djohan mengungkapkan, bahwa saat pameran Drupa kemarin, salah satu produk utama APP yang dipamerkan adalah Foopak, “Foopak merupakan produk kemasan makanan kami yang semakin populer di kalangan kelas menengah yang dan menjadi standar bagaimana makanan yang sehat itu seharusnya dikemas. Dengan Foopak, kami berupaya menciptakan wadah makanan yang bersumber dari bahan berkelanjutan, mudah didaur ulang dan memiliki standar biodegradable,” tambah Djohan.

Produk kertas dari APP, diproduksi secara berkelanjutan dan memperhatikan standar keramahan lingkungan yang sesuai dengan komitmen dalam Kebijakan Konservasi Hutan (Forest Conservation Policy) yang diluncurkan sejak Februari 2013 silam. Melalui komitmen ini, APP sepenuhnya siap mengimplementasikan VPA (Voluntary Partnership Agreement) yaitu sebuah kesepakatan kerjasama yang ditetapkan oleh European Union Timber Regulation (EUTR) melalui rencana aksi FLEGT (Forest Law Enforcement Government & Trade). VPA juga merupakan bentuk dukungan APP atas upaya pemerintah untuk memperluas produk Indonesia di Eropa dan menentang pembalakan liar di hutan hujan tropis Indonesia. ( Marwan)

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Ekobis | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

4 - May – 2013 - Admin1

Sekretariat BEM Sastra Unhas Diserang Orang Tidak Kenal

6 - May – 2016 - Admin1

GM Pertamina VII Sulawesi : Pelepasan Mobil Tangki 448 di Makassar Pertama Diluar Pulau Jawa

26 - Aug – 2015 - Admin1

Waduh, Pencuri Ketahuan Bereaksi, Motor Pelaku Malah Dibakar Massa !

23 - Feb – 2017 - Admin1

Berita Foto : Aiptu Abd Waris Kanit Provost Polsek Tinanggea Tugas BKO Di Polda Sultra Dalam Rangka Kedatangan Kapolri

21 - Mar – 2015 - Admin1

Rencana Pengalihan Proses BBN 1 Dan Penomoran Ranmor Baru Ke Ditlantas Munculkan Praktek KKN Baru

View Desktop Version
by Mobile Domain