ILO Sulsel dan Mitra Sosialisasi K3 di Lingkungan Rumah Tangga

ILO Sulsel dan Mitra Sosialisasi K3 di Lingkungan Rumah Tangga

Makassar, Beritakota Online-Selama ini, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa rumah adalah tempat yang paling aman. Padahal faktanya, jika tidak waspada, banyak sekali ancaman terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang dapat terjadi di rumah tangga.

Sebagai contoh, kabel listrik di rumah yang dibiarkan menjuntai tidak karuan, sering dianggap hal sepele. Tapi coba amati berita di berbagai media, ada begitu banyak kerugian harta bahkan nyawa yang dipicu dari hal yang dianggap sepele tersebut. Hampir setiap saat diberitakan, rumah terbakar karena ada korsleting. Kali lain kita mendengar ada orang yang tertimpa gallon air, meninggal atau terluka karena terpeleset di kamar mandi, kompor meledak, gas bocor, tertimpa reruntuhan atap dsb. Hal tersebut adalah beberapa contoh dari sekian banyak ancaman keselamatan dan kesehatan yang dapat terjadi sewaktu-waktu di rumah tangga, jika penghuni luput memberikan perhatikan.

Hal inilah yang mendasari Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) melalui Promote Project, menerbitkan sebuah buku dengan judul “Daftar Periksa Pembinaan Perbaikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Lingkungan Rumah Tangga bagi Majikan dan PRT”.

Buku ini memuat daftar periksa (check list) yang dapat membantu Pekerja Rumah Tangga (PRT) untuk melakukan monitoring secara mandiri atas kondisi kerjanya dan melakukan atau mengusulkan tindakan perbaikan segera untuk menghindari potensi bahaya yang mengancam. Daftar periksa ini diharapkan dapat membantu PRT dan majikan untuk mengembangkan budaya K3 di lingkungan Rumah Tangga, dengan demikian angka kecelakaan kerja di sektor RT diharapkan dapat ditekan sekecil mungkin.

Secara umum, buku ini memuat daftar periksa dari aspek K3 di RT terkait beberapa hal seperti; Penanganan dan penyimpanan material; Disain tempat kerja; Keamanan mesin dan peralatan Kerja, Lingkungan fisik, dll. Buku ini terbilang sederhana karena berisi banyak gambar terkait kondisi RT dengan menggunakan Bahasa yang cukup sederhana, sehingga mudah difahami.

Demi mendorong agar buku ini dapat bermanfaat bagi banyak pihak, ILO beserta mitra di Makassar yakni FPMP dan LPA Sulsel, melakukan sosialisasi ke BPPKB (Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana)  Sul-Sel pada Jum’at 10 Juli 2016 di Kantor BPPKB. Diterima oleh Meisy Papayungan, Kasubid Kualitas Hidup Perlindungan Perempuan dan Anak, Koordinator Provinsi ILO Sulsel, Rasyidi Bakry, memulai pertemuan dengan menjelaskan buku terkait K3 yang akan disosialisasikan.

Merespon penjelasan tersebut, Meisy menyatakan persetujuannya terkait pentingnya membudayakan K3 di RT karena begitu banyak ancaman kesehatan dan keselamatan yang mengintai. Jusmiati Lestari dari FPMP, menyarankan agar BPPKB dapat menggunakan buku tersebut sehingga dapat disosialisasikan di kegiatan-kegiatan BPPKB yang relevan. Terlebih, ibu RT dan PRT adalah orang yang paling rawan menjadi korban jika terjadi kecelakaan di RT. Merespon saran Jusmiati, Meisy menjanjikan untuk mengundang ILO dan mitra untuk mensosialisasikan buku di maksud pada kegiatan-kegiatan yang relevan. Untuk itu, dia berjanji segera mengkoordinasikan usulan itu kepada ibu Kepada BPPKB yang kebetulan berhalangan hadir, karena ada acara di tempat lain. ( Azis Umar)

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Terkini, Berita TNI, Lingkungan | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

24 - Dec – 2014 - Admin1

Prof Andi Agustang: : Paradigma Kuratif Kesehatan Pemborosan Anggaran

20 - Oct – 2016 - Admin1

Pimpinan Humas Kementerian Dan Lembaga Bahas Perkembangan Teknologi Digital

14 - Sep – 2015 - Admin1

FGD KPPU di Makassar, Pengusaha Maritim Minta Penurunan Biaya Logistik

28 - Jun – 2015 - Admin1

Berita Foto : SMP 1 Segeri Pangkep Buka Puasa Bersama Orang Tua Siswa

28 - Mar – 2016 - Admin1

Wakapolda Sulselbar Berkunjung Dan Silahturahmi Di Polres Pinrang

View Desktop Version
by Mobile Domain