Polres Sidrap Launching Bebas Calo Dan Pungli, Di Samsat Dan Pelayanan SIM Masih Diduga Ada Pungutan Diluar PNBP

Polres Sidrap Launching Bebas Calo Dan Pungli,  Di Samsat Dan Pelayanan SIM Masih Diduga Ada Pungutan Diluar PNBP

Menyorot Pelaksanaan Deklarasi Pelayanan  Publik Bebas Calo Dan Pungli di Polres Sidrap  Yang Dicanangkan Kapolda Sulselbar (Bagian 1 )

Lemkira Sulsel ” Warning ” Kapolres Sidrap Untuk Bisa Menghentikan  Pungutan DiLuar PNPB di Samsat Dan Pelayanan SIM


Sidrap, Beritakota Online-Dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Sidrap, Selasa (3/5/2016) yang lalu Polres Sidrap mendeklarasikan pelayanan berintegritas yang bebas dari unsur percaloan maupun Pungutan Liar (Pungli) pada setiap bidang pelayanan di jajarannya. Program ini telah dilaunching secara Bersamaan seluruh wilayah Polda Sulselbar Oleh Kapolda Sulselbar, Irjen Anton Charliyan Belum lama ini.

Di Polres Sidrap Bidang pelayanan tersebut meliputi pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) pada Satuan Intelkam (IK) dan pengurusan SIM, STNK dan BPKB pada Satuan Lalu Lintas.

Pendeklarasian ini berlangsung di aula Arya Guna Mapolres Sidrap yang dipimpin Kapolres Sidrap AKBP Anggi Naulifar Siregar didampingi Kasat Intelkam AKP Fantry Taherong.

“Kita ingin pelayanan Polres Sidrap bersih dari segala bentuk percaloan seperti pengurusan SKCK di Intelkam dan termasuk pengurusan SIM, STNK dan BPKB kendaraan di SatLantas,” tegas Anggi kepada awak media saat itu.
Menurutnya, pendeklarasian ini sebagai bentuk komitmen penuh Polres Sidrap dalam peningkatan kualitas kinerja polres dalam melayani masyarakat demi mewujudkan zona integritas menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).

“Saya juga sudah instruksikan hal ini pada pelayanan tingkat jajaran Polsek agar masyarakat dibebaskan dari bentuk percaloan yang mengedepankan transparansi sesuai dengan SOP,” ungkapnya.

Ia menambahkan, salah satu upaya serius Polres Sidrap saat ini dalam meningkatkan kualitas pelayanan yakni dengan menerapkan metode virtual berbasis tekhnologi.

“Melalui program virtual ini, polres Sidrap menerapkan e-office dalam melayani masyarakat. Baik dalam menerima keluhan masyarakat, penataan administrasi serta pelayanan publik termasuk SIM pengurusan SIM dan SKCK secara online,” pungkasnya

Sementara itu Lembaga Monitoring Kinerja Aparatur Negara Indonesia ( Lemkira) menyorot hal ini, Dimana dilaksanakannya deklarasi Pelayanan Bersih dari Percaloan dan Pungutan Liar, namun dikantor Samsat Sidrap dan pelayanan SIM dibagian Lantas Polres Sidrap masih dikeluhkan warga Sidrap dengan adanya pungutan diluar PNBP ( Penerimaan Negara Bukan Pajak ) seperti pengurusan Berkas Kendaraan Baru, Bagian Duplikat STNK, Mutasi Kendaraan Masuk dan Keluar, Bagian BPKB. Untuk pelayanan SIM juga masih terjadi pungutan diluar PNBP.

Menurut Ketua Lemkira, Rizal Noma bagaimana Sikap Kapolda Sulselbar menyikapi permasalahan ini, dan Kapolres Sidrap sama halnya bisa diduga melakukan pembohongan publik dengan kejadian ini, ucapnya.

” Masa Deklarasi Zona Bebas Calo dan Pungli disemua pelayanan Publik terutama di Samsat dan bagian pelayanan SIM masih terjadi pungutan diluar PNBP, ” tegas Rizal Noma di Makassar, Senin ( 09/05).

Rizal Noma ” mewarning ” Kapolres Sidrap Untuk bisa menghentikan bentuk Pungli itu di Samsat Sidrap dan Pelayanan SIM bagian Lantas Polres Sidrap,

Sementara itu dikonfirmasi Beritakota Online kepada Kanit Regident Samsat Sidrap, IPTU Ramli  dalam pembicaraan pertelepon Selularnya enggan memberikan penjelasan terkait masih adanya pungutan diluar PNPB  ( Penerimaan Negara Bukan Pajak ) yang  diduga  masih terjadi di Kantor Samsat Sidrap dan Pelayanan SIM, ” minta tolong kalau bisa jangan dimuat dulu beritanya, nanti ketemu di Makassar, ”  Jelasnya.

Dan Beritakota Online konfirmasi juga kepada Kapolres Sidrap AKBP Anggi N Siregar  lewat SMS namun enggan juga memberikan penjelasan selama ini. ( Ilham) ( Bersambung……)

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

12 - Mar – 2016 - Admin1

Soal Disorotnya Denda Faktur, Kadispenda Sulsel Bilang Ini Masuk Di Kas Daerah

18 - Mar – 2013 - Admin1

GAM Nilai Rezim SBY-Boediono Gagal

11 - May – 2017 - Admin1

Waspada Penipuan Berkedok Lowongan Pekerjaan Bandara Kulonprogo

14 - May – 2012 - Admin1

Wow, Anggaran Distribusi Majalah DPR Rp 7 Miliar !

10 - Jun – 2013 - Admin1

Gabungan BEM di Makassar Aksi Demo Tolak Kenaikan BBM

Tulisan Terkait

5 - Feb – 2014 - Admin1

Kapolsek : Kasus Ini Masih Dalam Pengembangan dan Dilakukan Penyelidikan

30 - Aug – 2016 - Admin1

Berita Foto : Seminar Pengembangan Kemitraan Perguruan Tinggi-tinggi Industri Pemerintah

12 - Sep – 2013 - Admin1

Unilever Indonesia Edukasi Kesehatan Gigi Anak di Indonesia 8 Juta Jiwa

14 - Dec – 2015 - Admin1

Modal Sosial Gerakkan Kemajuan Bersama

27 - Feb – 2013 - Admin1

Ditahan Polisi, Bos Pena Mas Jatuh Sakit

View Desktop Version
by Mobile Domain