Innalillahi Wainnalillahi Rajiun, Sekertaris IKA Unhas DR H.M Darwis Wafat di Makassar

Innalillahi Wainnalillahi Rajiun, Sekertaris IKA Unhas DR H.M Darwis Wafat di Makassar

Makassar,Beritakota Online-Sekretaris Ikatan Alumni (IKA) Unhas, Dr.H.M. Darwis, MA DPS, Senin 2 Mei 2016 sekitar pukul 24.30  WITA meninggal dunia di rumahnya Blok GB 22, belakang Masjid Ikhtiar, Kompleks Perumahan Dosen Unhas, Tamalanrea Makassar.

Ketua Prodi Ilmu Sosiologi FISIP Unhas ini menghembuskan napas terakhir karena  sakit diderita beberapa hari.

Kepergiannya membuat relasi handai tolan dan kerabat kerjanya kaget, almarhum baru satu minggu kembali melaksakanan ibadah haji umrah.  Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka. Nampak hadir mantan Rektor UNHAS dan Dubes RI untuk Iran, Prof.Dr.H.Basri Hasanuddin.

Basri menilai  Darwis sebagai sosok dosen penuh tanggung jawab, selalu mengupdate materi  kuliah untuk mahasiswa.

” Pada kepengurusannya di Yayasan Al Markaz, sangat dedikatif dan tidak banyak komentar. Beliau tipikal pekerja keras,” ujarnya. Kepergian almarhum, dinilai Prof Basri, sangat cepat, merupakan kehilangan  mendalam bagi fakultas Sospol dan Unhas.

Hadir pula di rumah duka, Dekan Fisip Unhas Prof Dr Deddy T Tikson MA,  Dirjen Keolahragaan Kemenpora Prof Dr Faisal Abdullah SH MH, juga juru bicara Wapres Husain Abdullah, beberapa dosen Unhas.  Jenazah almarhum diberangkatkan ke kampung halamannya  di Bukaka, Kabupaten Bone sekitar 08.00 WITA.

Almarhum pernah memimpin Penerbitan Kampus Identitas Unhas, pengurus Masjid Al-Markaz Al-Islami, anggota komisioner KPU Sulsel serta anggota Mediasi Center Kantor Gubernur Provinsi Sulsel.

Darwis lahir di Watampone 9 Juli 1961. Menyelesdaikan satudi S1 Sosilogi FISIP Unhas 198. S2 Sosiologi PPs-UI 1993. S3 Sosiologi PPs-Unhas serta  Diploma Population Study IIPS Demeed University Bombay, India, 1995. Almarhum meninggalkan  isteri,  Andi Sriwana  dengan anak-anak;  Jiehan Putri Azzahra , Aisha Smita Poetri Gymnastasha dan Anya Amaliah Putriwana.

Wakil Rektor IV Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Djuhannis, Ph.D, mengatakan mendengar berita kematian almarhum, saya sempat kaget soalnya dua minggu sebelumnya masih sempat bicara ketika sedang menunaikan ibadah haji di Mekkah.

Sosok almarhum  adalah orangnya terbuka, kekeluargaan, kekerabatan dan saya berkomunikasi menggunakan bahasa campuran Bugis Indonesia,  tandas Hamdan. Almarhum saya anggap senior tempat bertanya dan  berdiskusi soal konstelasi politik skala nasional dan lokal.

Dia punya relasi dan pertemanan sangat luas dari berbagai kalangan, apalagi dia pernah menjadi anggota KPU Sulsel, tandas Hamdan .’’ Saya merasa kehilangan senior yang punya pengetahuan luas dalam soal-soal sosiologi politik ‘’ ungkap Hamdan.

Wakil Rektor III Universitas Satria Makassar, Dr. Arda Senaman, M.Si, menilai figur almarhum adalah seorang akademisi yang fokus dapat bidang keilmuan sosiologi. Pada pergaulan keseharian dia tidak pilih-pilih orang dan persahabatannya sangat meluas dan beragam, tandas mahasiswa S3 Sosiologi PPs-UNM ini.

Almarhum M Darwis, Ketua Jurusan Sosiologi Universitas Hasanuddin mengeluhkan sakit di pangkal pahanya beberapa hari sebelum meninggal. Meski demikian almarhum masih tetap terlihat rutin beribadah di masjid.

Diduga, penyakit yang dialami almarhum adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi ringan sehingga biasa akan sembuh dengan sendirinya. Tapi sakitnya bisa membuat penderita sulit bisa berjalan bahkan demam.

Sebelum meninggal, almarhum juga sering memasang foto aktivitas ibadahnya di tanah suci mekkah di media sosial. Bahkan foto terakhir almarhum di aplikasi BBM masih menggunakan foto ketika di tanah suci.

Almarhum disemayamkan di perumahan dosen Unhas Tamalanrea blok GB 22 samping masjid Ikhtiar. Rencananya almarhum akan dimakamkan di tanah kelahirannya Bukaka, Kabupaten Bone.(ulla/yahya)

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Kampus | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

15 - Aug – 2016 - Admin1

Berita Foto : Kapolda Sulsel Pimpin Press Realease Penyulundupan Sabu 10 Kg Yang Diamankan Polres Pare pare

21 - Jun – 2016 - Admin1

Kapolda Sulsel Raih Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama Dari Kapolri

30 - Oct – 2016 - Admin1

Kowal Ramaikan Jalan Sehat Bela Negara FKPPI di Makassar

17 - Dec – 2015 - Admin1

Akbar Parollei Sambut Revolusi Mental Dalam Dunia Pendidikan

21 - Nov – 2015 - Admin1

Dua Kali Jadwal Ditunda, Penumpang Lion Air Tujuan Makassar Manado Protes di Bandara

View Desktop Version
by Mobile Domain