RPLT Makassar Dan Pihak LBH Kasus Pelaporan Konsuil Pare pare Segera Diproses

RPLT Makassar Dan Pihak LBH Kasus Pelaporan Konsuil Pare pare Segera Diproses

Kasat Reskrim : Kami Lakukan Tindak Lanjut Pemanggilan Saksi-Saksi

Pare-pare, Beritakota Online-Sertifikat Laik Operasi (SLO) dan Gambar Instalasi Listrik (GIL) sebagai suatu syarat untuk mendapatkan jaringan listrik dikeluhkan banyak warga calon pengguna listrik di Parepare. Diduga SLO dan GIL yang menyebar di Parepare adalah abal-abal alias palsu.

Ketua Rumah Pelayanan Listrik Terpadu (RPLT), Rudi, mengatakan SLO yang diterbitkan PT Konsuil Perdana Indonesia Area Parepare diduga bermasalah. Dia menemukan adanya penerbitan SLO yang tidak sesuai prosedur standar. “Banyak penerbitan yang proseduralnya mengada-ada,” ujarnya kepada Beritakota Online, Jumat (29/04) dikantor RPLT Pare-pare.

Rudi menyatakan dalam temuan penerbitan itu, ada perusahaan Listrik yang tidak terdaftar di Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK) atau tidak mempunyai kodefikasi perusahaan dan secara illegal menggunakan kodefikasi perusahaan kontraktor lainnya.

“Seperti CV Gaya Tehnik yang hanya menggunakan Kodefikasi dari Perusahaan CV Indra Jaya di gowa. Ini baru satu contoh, karena saya lihat ada beberapa yang terjadi demikian,”katanya.

Terkait dengan itu pihak RPLT Makassar melakukan kunjungan dan sekaligus pemantauan kasus pelaporan RPLT Pare-pare ke Reskrim Polres Pare pare pihak Konsuil Pare pare yang diduga melakukan pemalsuan kode Verifikasi SLO yang selama ini terbit di SLO yang beredar di Kota Pare-pare dan sekitarnya.

Dalam Kesempatan ini Sekertaris RPLT Makassar, Yusuf Adam Ismail, SH didampingi Kuasa Hukum dan Lembaga Bantuan Hukum ( LBH) Bintang Keadilan Makassar, Yusuf Rajab, SH  mendatangi Pihak Reskrim Polres Pare-pare yang saat itu diterima Kasat Reskrim Polres Pare-Pare dan Kanit III Tipiter, Aiptu Said Abdullah, Dan dalam hal ini kedatangan Sekertaris RPLT Makassar ini diruangan Kanit III Tipiter Reskrim Polres Pare-pare dilantai II untuk menjelaskan secara rinci bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan pihak Konsuil Pare-Pare dan memberikan penjelasan secara detail pelanggaran secara Administrasi yang dilakukan pihak Konsuil Pare-pare dalam menerbitkan SLO  Aspal ( Asli tapi Palsu ) selama ini.

” Kami RPLT Makassar siap terus mendampingi RPLT Pare pare  Dalam penyelesaian Kasus Pelaporan Konsuil Pare Pare di Reskrim Polres Pare pare, ” jelas Yusuf Adam Ismail.

Yusuf Adam mengakui pihak RPLT Pare-pare sudah cukup proaktif melakukan tindakan ini untuk memberikan efek jerah kepada pihak Konsuil Pare pare dan Kelakuan Konsuil Pare pare sudah sangat banyak merugikan pihak RPLT di Pare pare khususnya dan RPLT  se Sulsel secara umum dan meminta kepada pihak Kepolisian harus segera memproses kasus ini , ucapnya.

Pihak LBH Bintang Keadilan Makassar, Yusu Rajab, SH menanggapi Kasus ini saat di Kantor Polres Pare pare dan memberikan masukan kepada pihak penyidik Tipiter Reskrim Polres Pare pare bahwa kasus ini bisa dimasukkan dalam pasal Pemalsuan dan pencurian  data-data yang dilakukan Pihak Konsuil Pare pare, tegasnya.

Dan Kanit III Tipiter Reskrim Polres Pare pare, Aiptu Said Abdullah sangat berterima kasih dan memberikan Aspresiasi kepada pihak RPLT Makassar yang hadir di Polres Pare-pare untuk memberikan penjelasan secara detail masalah kasus ini yang dilaporkan RPLT Pare-pare kepada Konsuil Pare Pare, katanya.

Menurut Said Abdullah sebenarnya kasus ini adalah yang pertama kami tangani jadi masih bingung mencari titik terang untuk pasal yang dikenakan pada KUHP Kasus Penerbitan SLO aspal yang ditujukan kepada Konsuil Pare pare sebagai terlapor, ujarnya.

Secara Terpisah, Kasat Reserse dan Kriminal Polres Parepare, AKP Ario Damar, menuturkan telah menerima laporan terkait pengaduan tersebut. Dia mengaku akan segera menindak lanjuti laporan itu.

“Laporannya sudah kami terima, dan pastinya itu akan kami lakukan tindak lanjut,” ujarnya.

Ario menyatakan sebagai langkah awalnya, pihaknya akan melakukan pemanggilan sejumlah pihak untuk kepentingan pengumpulan bahan keterangan. “Kita ambil klarifikasi dulu dari pihak terkait,” paparnya.( Andi Ahmad)

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Daerah, Hukum dan Kriminal | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

3 - Jul – 2014 - Admin1

Selama Ramadhan, PT. Angkasa Pura I Sediakan Ta’jil Gratis Bagi Penumpang

12 - Apr – 2016 - Admin1

Waka Polres Palopo Akan Bentuk Tim Khusus Cari IPDA Syahruddin

1 - Jun – 2012 - Admin1

Menteri Perhubungan Tandatangani Mega Proyek di Sulsel

24 - May – 2016 - Admin1

Polres Maros Peduli, Satuan Lalu Lintas Kunjungi Warga Tidak Mampu

30 - May – 2014 - Admin1

Pasar Sentral BTP Solusi Tepat Untuk Berbelanja Warga Tamanlanre Biringkanaya

Tulisan Terkait

1 - Aug – 2015 - Admin1

Perjalanan Pasangan H. Sangkala Taepe – Muh. Ali Gaffar Semakin Mantap Menuju Kursi 01

19 - Nov – 2015 - Admin1

Tim Bareskrim Mabes Polri Geledah Ruangan Kerja Dan Rujab Bupati Maros

9 - Jul – 2016 - Admin1

Kapolda Sulsel Besuk AIPTU Burhanuddin, Meski Terbaring Sakit Tetap Pantau Kerja Anggota Lewat HT

16 - Nov – 2015 - Admin1

GARDASI Minta Masyarakat Kawal Kasus Narkoba DPRD Jeneponto, Pernyataan Polisi Antara ” Positif dan Negatif “

5 - May – 2015 - Admin1

Ajiep Padindang Hadiahkan Buku ke Prof Andi Agustang

Tulisan Terkait

19 - Mar – 2013 - Admin1

Ada Himbauan Warga Dari Mabes Polri

15 - Aug – 2015 - Admin1

2015, KPPU Akan Fokus Pengawasan Lima Sektor Startegis Nasional

23 - Nov – 2016 - Admin1

Polisi Saling Lempar Tanggung Jawab Penanganan Kerugian Korban

11 - Jun – 2015 - Admin1

Tiga Pemuda di Makassar Diciduk Polisi Sedang Pesta Miras

9 - Jan – 2013 - Admin1

Kapolsekta Panakkukang : Pembunuh di Terminal Motor Diancam 15 Tahun Penjara