KPPU Sosialisasi Implementasi Perkom No. 1/2015 Pengawasan Pelaksanaan Kemitraan di Sektor UMKM-Ritel

KPPU Sosialisasi Implementasi Perkom No. 1/2015  Pengawasan Pelaksanaan Kemitraan di Sektor UMKM-Ritel

Makassar, Beritakota Online-Bertempat di Aula Gedung Keuangan Negara II Lantai 6, pada hari ini (Senin, 25 April 2016) KPD KPPU Makassar menyelenggarakan Focus Group Discussion mengenai “Sosialisasi Implementasi Peraturan Komisi Pengawas Persaingan Usaha Nomor 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengawasan Pelaksanaan Kemitraan di Sektor UMKM-Ritel”. Acara yang dihadiri oleh Wakil Ketua KPPU, Ibu Kurnia Sya’ranie selaku Narasumber, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan Bapak Hadi Basalamah selaku Narasumber, Kepala KPD KPPU Makassar Bapak Ramli Simanjuntak selaku Moderator dan dihadiri oleh pelaku usaha mikro kecil menengah, pelaku usaha ritel dan asosiasi di Sulawesi Selatan.

Dalam pemaparannya Kurnia Sya’ranie menyampaikan bahwa KPPU memiliki 4 (empat) tugas utama yaitu penegakan hukum, pemberian saran pertimbangan terhadap kebijakan pemerintah, penilaian merger, akuisisi dan pengambilan saham, serta pengawasan kemitraan sesuai yang diamanahkan oleh UU No. 20 Tahun 2008 dan PP No. 17 Tahun 2013, sebagai tindak lanjut dari kedua Peraturan Perundangan tersebut, KPPU telah mengeluarkan Peraturan KPPU No. 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengawasan Pelaksanaan Kemitraan.

Ditambahkan oleh Kurnia Sya’ranie, hal terpenting dari kemitraan adalah perjanjian antara Pelaku UMKM dengan Perusahaan mitra usahanya, apakah dalam perjanjian tersebut terdapat pasal yang merugikan pelaku UMKM sehingga dapat mengakibatkan praktek abuse of bargaining position. Apabila dalam perjanjian tersebut terdapat pasal yang merugikan pelaku UMKM, maka KPPU akan menindaklanjutinya sesuai dengan Peraturan KPPU No. 1 Tahun 2015. Kurnia Sya’ranie juga meminta kepada pelaku UMKM untuk melaporkan perjanjian kemitraan kepada Pemerintah, sehingga apabila dikemudian hari terdapat permasalahan dalam pelaksanaan kemitraan, maka Pemerintah dapat membantu pelaku UMKM.

Pada kesempatan tersebut, Hadi Basalamah menyampaikan bahwa Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan selalu berupaya untuk mempromosikan produk UMKM dengan cara mengikuti pameran, pemberian pelatihan untuk meningkatkan kualitas produknya. Selain itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah membuat MoU dengan pelaku usaha ritel dan PHRI untuk memasarkan produk UMKM tanpa memungut biaya listing fee.

Hadi Basalamah berharap KPPU dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan lebih intens berkoordinasi dalam rangka pengawasan pelaksanaan kemitraan, tetapi pelaku UMKM juga harus meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya serta melaporkan kepada pemerintah dan KPPU terkait perjanjian kemitraan sehingga apabila ada permasalahan dalam kemitraan dapat ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Ramli Simanjuntak selaku Kepala KPD KPPU Makassar meminta kepada pelaku UMKM untuk tidak ragu menyampaikan perjanjian kemitraan kepada KPPU, apabila dikemudian hari ditemukan penyalahgunaan posisi tawar yang dilakukan oleh pelaku usaha besar terhadap pelaku UMKM dapat ditindaklanjuti sesuai dengan Peraturan KPPU No. 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengawasan Pelaksanaan Kemitraan. ( Azis Umar)

Editor : Andi A Effendy

 


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita Utama, Ekobis | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

11 - Feb – 2017 - Admin1

Lagi, Sat Reskoba Polres Parepare Tangkap Pengedar Sabu di Pelabuhan Rakyat Lontange

19 - Dec – 2015 - Admin1

Iksan Iskandar Wisuda 2.206 Santri TPA se- Kab. Jeneponto

15 - Aug – 2015 - Admin1

Waduh, Lagi Makassar Tidak Aman, Aksi Begal Terus Jatuhkan Korban Dijalan !

24 - Jul – 2017 - Admin1

Disemprit Ombudsman, Disdikbud Sulbar Terbitkan Ijazah Siswa SMA Negeri 1 Simboro

24 - Mar – 2013 - Admin1

Kapolda Sulsel Silaturahmi Pembantu Rektor di Makassar

Tulisan Terkait

19 - May – 2017 - Admin1

Video : Inilah Penjelasan Gubernur Bank Indonesia Saat Sertijab Kepala Perwakilan Sulsel di Makassar

27 - Jan – 2016 - Admin1

Ahmad Baso: Jangan Buang Sampah di Sembarang Tempat “Antisipasi Banjir”

1 - Oct – 2014 - Admin1

Tipikor Akan Enam Kades di Liukang Tangaya , Terkait Penggunaan ADD Tahun 2011 dan 2012

6 - Aug – 2015 - Admin1

Samsat Pinrang Amankan Toyota Yaris Nopol Jakarta Diduga Mobil Bodong

21 - Mar – 2013 - Admin1

Semua Professor Nilai Sprindik Bukan Rahasia Negara

View Desktop Version
by Mobile Domain