Waduh, Belum Terima Pembayaran Tanah Dari Semen Tonasa, Warga Pangkep Ini Berharap Ada Kepedulian Pemerintah

Waduh, Belum Terima Pembayaran Tanah Dari  Semen Tonasa, Warga Pangkep Ini Berharap Ada Kepedulian Pemerintah

Pangkep, Beritakotaonline, Ketika penulis, menelusuri jejak sejarah pembebasan tanah  yang di lakukan PT Semen Tonasa tahun 1985 yang silam, di seputaran  lokasi lahan yang di kuasai oleh PT Semen Tonasa,  Kelurahan Kalabirang dan Kelurahan Buntoa Kecamatan Minasate’ne, ternyata masih ada rintihan tangis warga, yang hingga kini belum sama sekali menerima pembayaran tanah mereka dari perusahaan penghasil Semen Terbesar  di-Indonesia Timur ini.

Salah satu diantaranya Dg Bundu, (60) se-keluarga warga Kelurahan Kalabirang Kecamatan Minasate’ne mengakui bahwa ada sekitar 60 hektar  bersama sekeluarga yang belum menerima pembayaran tanahnya  dari PT Semen Tonasa,

“Saat itu, kami sempat melakukan perlawanan dengan mendemo PT Semen Tonasa, sekitar tahun 1985,  namun berbagai ancaman yang datang ke kami, sehingga kami tidak bisa berdaya lagi, hingga kini masih selalu teringat, kok tanah saya di ambil dan tidak di bayar” demikian penuturannya sambil keluar air mata alias menangis Kamis (14/4) di kediamanya Kampung Limbua Kelurahan Kalabirang.

Lanjut Dg Bundu, saat itu, saya telah di perlihatkan tanda terima pembayaran, padahal tidak ada uang yang saya terima, demikian pula Ibu atau Bapak saya, atau nenek saya, tanda terima itu, nampaknya dinilai  Dg Bundu, “Rekayasa Semata” kalaupun ada uang yan di bayarkan oleh PT Semen Tonasa, yan terima siapa, karena hingga kini, tidak perna menerima pembayaran dari Tonasa atas tanah  kami tersebut.

Untuk itu, kami berharap kepada pak wartawan kiranya dapat membantu saya, supaya hal ini bisa lebih jelas, dan mengetahui publik bahwa seperti inilah nasib saya, yang telah di ambil tanah saya oleh PT Semen Tonasa tampa ada pembayaran, paparnya.

“Kalaupun PT Semen Tonasa mengakui bahwa tanah  yang berlokasi Balang-Balang Sallu Kelurahan Kalabirang Kecamatan Minasate’ne sudah dia bayar saat itu, tapi  yang menerima siapa, sementara kami semua dari pihak keluarga tidak ada yang menerima satu sengpun” ujarnya .

Kalau mau di hitung-hitung semua pak, masih ada sekitar 100 hektar lebih yang pemiliknya tidak ada menerima pembayaran dari PT Semen Tonasa, dan itu semua yang membuat kami kaget, saat muncul nama bahwa tanah kami adalah milik PT Semen Tonasa “ Woow….kapan dia bayar, ujarnya. (Herman Djide)

Editor : H.Sakkar Rauf

 

 


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Daerah | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

29 - Sep – 2012 - Admin1

Kantor NU Sulsel Diduga Dilempari Bom Molotov

15 - Nov – 2015 - Admin1

Almarhum Ketua DPRD Palopo Sosok Politikus Yang Tegas Dan Merakyat

22 - Apr – 2016 - Admin1

Genjot Pelayanan Prima, Petugas PLN Rayon Mattoanging Layani Pelanggan Dengan Mudah Dan Ramah

8 - Dec – 2015 - Admin1

Libur Nasional Tak Ngaru, Samsat Se Sulsel Tetap Layani Wajib Pajak Ranmor

3 - Apr – 2015 - Admin1

PKPI Dukung H. Sangkala Taepe Balon Bupati di Pangkep

View Desktop Version
by Mobile Domain