ILO Promote Temui Tokoh Ummat Buddha Sulsel

ILO Promote Temui Tokoh Ummat Buddha Sulsel

Makassar, Beritakota Online-Perwakilan organisasi perburuhan internasional (ILO) untuk proyek Promote di Sulsel, Rasyidi Bakry, hari selasa (11/04/2015) menemui wakil ketua Perwalian Ummat Buddha Indonesia (WALUBI) Sulsel, yang juga pendiri BPR Hasamitra Makassar, Yonggris Lao, di kantornya di Jalan Irian Makassar. Rasyidi datang bersama mitra kerja ILO-Promote di Makassar yakni Warida Syafei dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) dan Umi Jusmiati Lestari dari Forum Pemerhati Masalah Perempuan (FPMP) Sulsel.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang sosialisasi kepada tokoh agama untuk mempromosikan kerja layak untuk Pekerja Rumah Tangga (PRT) dan penghapusan PRT anak. Pertemuan yang berlansung selama lebih kurang 1 jam ini dimulai pada pukul 10.00. Rasyidi, memulai pertemuan dengan menjelaskan tentang proyek Promote. Menurutnya, saat ini peran PRT terbukti sangat vital bagi sebuah keluarga, masyarakat  bahkan  negara. Walaupun masih sering dicibir sebagi profesi rendahan, namun justru karena PRTlah majikan leluasa bekerja di luar rumah. PRT adalah profesi yang memungkikan pekerjaan lain bisa dikerjakan di luar rumah. Rasyidi juga menjelaskan tentang beberapa capain penting yang telah hasilkan sejak proyek promote terlaksana seperti pelatihan bagi PRT, Pengembangan kurikulum pelatihan ketrampilan untuk PRT Lokal (dalam negeri)  merujuk SKKNI Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) 2015, pengembangan sistem  keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di rumah tangga dll.

Selanjutnya Jusmiati Lestari menjelaskan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh FPMP atas dukungn ILO-Promote melalui JALA PRT, seperti pendirian sekalah PRT di Antang untuk meningkatkan pemahaman PRT akan hak-hak dan ketrampilannya. Sementara Warida menjelaskan tentang hal-hal yang telah dilakukan LPA dalam upaya mengkanyekan penghapusan PRT anak.

Atas semua informasi tersebut, Yongris menyatakan dukungannya agara supaya peran PRT harus dihargai oleh penggunan dengan catatan PRT juga harus terus belajar dan meningkatkan kompetensinya. Dia juga mengusulkan agar team Promote menyasar para penyalur PRT. Menurutnya, penyalur juga seringkali menjadi persoalan karena mengirimkan PRT yang tidak terampil kepada pengguna.

Terkait tawaran team Promote untuk bekerjasama memberikan pelatihan kepada PRT dan majikan terutama mengenai persoalan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) di rumah tangga, Yoris menawarkan akan mengundang tim promote untuk memberikan ceramah di kegiatan keagamaan organisasinya. Yoris juga menyatakan kesanggupannya untuk hadir di kegiatan lokakarya bersama tokoh agama yang bertema Kerja Layak untuk PRT dan Penghapusan PRT anak yang akan dilaksanakan oleh LPA dan JARAK  pada awal bulan Mei mendatang.( Azis Umar)

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini | trackback from your own site.


Comments are closed.

View Desktop Version
by Mobile Domain