Pangdam VII Wirabuana Tutup Dikmata TNI AD Gelombang II Tahun Anggaran 2015

Pangdam VII Wirabuana Tutup Dikmata TNI AD Gelombang II Tahun Anggaran 2015

Gowa, Beritakota Online-Bagi prajurit kebanggaan untuk meraih predikat sebagai prajurit tidak hanya didasarkan pada uniform (seragam) yang dipakai dan pangkat yang disandang, akan tetapi kebanggaan itu harus disertai dengan kemampuan melaksanakan tugas dengan baik dan benar. Perlu dipahami, bahwa lingkup penugasan prajurit TNI AD akan selalu dekat dengan rakyat, mengharuskan setiap prajurit untuk memelihara kedisiplinan, agar terhindar dari perilaku maupun tindakan yang merugikan atau menyakiti hati rakyat, sehingga citra TNI AD yang kita banggakan, tetap terjaga di tengah-tengah masyarakat. Eksistensi seorang prajurit TNI AD,

Demikian antara lain dikemukakan Pangdam VII/Wirabuana, Mayjen TNI Agus Surya Bakti, pada Upacara Penutupan Dikmata TNI-AD Gelombang II Tahap I Tahun Anggaran 2015, di lapangan Prayudha Secata “A” Malino Rindam VII/Wirabuana, Selasa (5/4).

Berkaitan dengan itu, dikatakan pula bahwa pelaksanaan upacara ini, merupakan prosesi pelantikan bagi para Tamtama baru sekaligus menjadi tanda berakhirnya Dikmata Tahap I, serta sebagai bentuk simbol keberhasilan para prajurit siswa untuk memperoleh status sebagai Tamtama TNI Angkatan Darat.

Sebagaimana pernah diucapkan oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam maklumatnya yaitu “Tentara bukan merupakan suatu golongan diluar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat, tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu. Kita masuk dalam tentara karena keinsyafan jiwa, dan kesediaan berkorban bagi bangsa dan negara”. Dari cuplikan instruksi dan amanat tersebut dapat dipahami secara jelas dan tegas bahwa pemikiran-pemikiran cemerlang Panglima Besar Jenderal Sudirman menjangkau kepentingan jauh kedepan dan tetap relevan dengan kebutuhan kita saat ini, juga untuk masa yang akan datang, karena disitulah terletak dasar-dasar Tentara Nasional Indonesia yang sesungguhnya.

Selain itu, itu, acara pelantikan pada hari ini, tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi para Tamtama sekalian yang telah berhasil melalui satu tahapan pendidikan, namun demikian apa yang telah dicapai merupakan awal dari perjalanan kalian untuk berkarir di dunia militer.

Selaku pribadi dan atas nama Komando, dengan rasa bangga Pangdam menyampaikan ucapan selamat kepada para Tamtama atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan tahap I, disertai harapan agar hal ini dijadikan sebagai motivasi dalam meniti perjalanan pengabdian di lingkungan TNI Angkatan Darat.

Berbagai pengetahuan, keterampilan militer dasar, serta kemampuan fisik dan mental yang telah dilatihkan selama proses pendidikan, tentunya telah merubah sikap mental dan perilaku kalian menjadi seorang prajurit TNI Angkatan Darat.

Untuk melengkapi kemampuan yang diharapkan tersebut, maka kalian masih perlu menjalani berbagai pendidikan lanjutan termasuk pendidikan kecabangan guna memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan.

Saya berharap agar tekad dan semangat yang telah kalian tunjukkan selama mengikuti pendidikan dapat dijadikan bekal dan sumber motivasi dalam menjalankan tugas sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Darat.

Pangdam yakin, apabila prajurit mampu memedomani hal tersebut kalian akan menjadi prajurit yang bermoral, profesional dan berani. Inilah sosok prajurit TNI yang diinginkan dan diidamkan oleh seluruh rakyat negeri ini.

Prajurit bermoral berarti sebagai tentara, kalian harus mampu menunjukkan tingkah laku yang jujur dan benar, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Kalian harus berani membela dan menegakkan kejujuran, kebenaran dan keadilan, dengan landasan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sebagai tentara profesional, tugas kalian hanya satu yaitu mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya, untuk itu kalian harus mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan diri sesuai profesi serta keahlian masing-masing, dengan terus belajar dan berlatih.
Sebagai prajurit yang berani harus percaya kepada kekuatan sendiri serta tidak sekali-kali mengenal sifat menyerah, karena meskipun kalian telah ditempa untuk menjadi Tamtama yang hebat, tidak akan ada gunanya jika kalian mudah menyerah dan tidak loyal, apalagi melakukan pelanggaran.

Jadilah prajurit-prajurit yang profesional dan berdisiplin, hindari perbuatan tercela, jauhi tindakan yang dapat merugikan atau menyakiti hati rakyat. Hayati dan pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, serta taati segala aturan hukum dan HAM.

Setelah ini, para Tamtama akan diberikan kesempatan untuk melaksanakan cuti, Pangdam menekankan agar tetap memperhatikan faktor keamanan, jangan bertindak diluar ketentuan atau hukum yang berlaku, serta jaga sikap kalian sebagai seorang prajurit, baik dalam bertutur kata maupun tindakan lainnya, kemudian persiapkan diri kalian untuk mengikuti pendidikan tahap berikutnya.

Jika hal-hal tersebut tidak kalian perhatikan, maka bisa dipastikan akan menjadi indikasi buruk bagi kalian, baik dalam berkarir maupun dalam bertugas. Oleh karena itu, disiplin dan loyalitas bagi seorang prajurit, merupakan sikap yang tidak bisa ditawar-tawar, karena sikap tersebut telah menjadi harga mati bagi seorang prajurit.

Sebelum mengakhiri amanat, kepada Danrindam VII/Wirabuana beserta staf, para guru militer dan pelatih, Pangdam menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja kerasnya dalam melaksanakan program pendidikan ini.

Turut dalam acara tersebut, Kasdam VII/Wirabuana, Irdam, Danrindam, para Asisten, Perwira Ahli, Perwira LO, para Kabalak dan para Komandan Satuan, Para staf pengajar, guru militer dan para pelatih, Para perwira serta undangan lainnya. (Azis Umar)

Editor : Andi A Effendy


Halaman Depan | Lihat Daftar Berita Pilihan, Berita Terkini, Berita TNI | trackback from your own site.


Comments are closed.

Tulisan Terkait

15 - Jan – 2015 - Admin1

Penangkapan DPO Kasus Kebakaran Hutan Dan Lahan

2 - Mar – 2013 - Admin1

Polisi Rekonstruksi Kasus Penikaman Mahasiswa UNM di Clarion Hotel

4 - Nov – 2014 - Admin1

Berita Foto : Tenaga Medis Perempuan Tampak Siap Melayani Masyarakat Makassar di RS UIT

21 - Sep – 2016 - Admin1

KRI Dewaruci Sandar Di Mako Lantamal VI Makassar

20 - Oct – 2016 - Admin1

2016, Dana Dari Pasar Modal Capai Rp 90 Triliun

View Desktop Version
by Mobile Domain